DUNIA Otomotif terngah berduka, salah satu legenda Suzuki yang juga mantan CEO Suzuki Merukapan Osamu Suzuki meninggal dunia pada Jumat 27 Desember 2024 pukul 15.53 waktu setempat. Osamu Suzuki menutup usianya karena penyakit yang sudah lelet beliau derita yakni limfoma atau kanker kelenjar getah bening.
“Dia adalah sosok Orang Sepuh yang dikagumi yang mengembangkan minicar dan memeliharanya menjadi mobil nasional,” ujar Ketua Toyota Akio Toyoda dalam sebuah pernyataan di https://www.suzuki.co.id/. “Dia Mempunyai tekad sebagai manajer, sebagai pembela budaya mobil Aneh Jepang yang dikenal sebagai kei.”
Osamu Suzuki mengundurkan diri sebagai presiden pada 2015 pada usia 85 tahun ketika ia menyerahkan jabatan itu kepada putranya, Toshihiro Suzuki.
Lahir pada 30 Januari 1930, di Prefektur Gifu, Jepang tengah, Osamu Suzuki bergabung dengan pembuat mobil pada 1958 ketika ia menikah dengan keluarga pendirinya. Dia mengambil nama keluarga istrinya, putri Shunzo Suzuki, yang merupakan presiden perusahaan.
Suzuki Osamu merupakan pemimpin perusahaan otomotif Jepang Suzuki Motor selama lebih dari 40 tahun sebagai presiden dan komisaris yang mengubah pembuat kendaraan mini Jepang menjadi pemain Mendunia dengan Penguasaan luar Normal di pasar mobil India.
Di Rendah bimbingannya, perusahaan Memperhatikan penjualan konsolidasinya, yang mencapai Sekeliling 300 miliar yen (US$1,9 miliar) pada 1978 ketika dia pertama kali menjabat sebagai presiden, berkembang sepuluh kali lipat Demi melampaui 3 triliun yen Demi pertama kalinya pada tahun fiskal 2006.
Suzuki memainkan peran Krusial sebagai presiden ketika memutuskan Demi bekerja sama dengan Maruti Udyog Ltd., yang Demi itu merupakan pembuat mobil India yang dikelola negara hingga meluncurkan produksi Serempak Maruti 800 di negara terpadat di dunia pada Desember 1983.
Mobil kecil, lebih murah dari kendaraan saingan pada Demi itu, memenangi hati konsumen India, mendorong pertumbuhan usaha patungan, yang kemudian menjadi anak perusahaan Suzuki dan berganti nama menjadi Maruti Suzuki India Ltd.
Menurut Organisasi Perdagangan Luar Negeri Jepang, Maruti Suzuki India menguasai 41,7% pasar mobil India pada fiskal 2023. Saingan terdekatnya, Hyundai Motor Co. dari Korea Selatan, Mempunyai pangsa 14,6%.
Setelah menjadi presiden pada 1978, Suzuki berangkat Demi mengubah perusahaan yang didirikan sebagai Suzuki Loom Manufacturing Co. pada 1920 dan Lagi berkantor pusat di Hamamatsu menjadi salah satu pembuat mobil terkemuka di Jepang. (S-1)