
OLI gardan adalah pelumas Spesifik yang digunakan Demi melumasi komponen di dalam gardan (differential) kendaraan.
Gardan sendiri adalah bagian dari sistem penggerak roda yang berfungsi Demi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang (pada mobil RWD) atau roda depan/belakang (pada motor matic dan mobil AWD/4WD).
Berikut 9 Tanda Oli Gardan Harus Diganti
1. Bunyi Dengung di Bagian Belakang
Kalau Engkau mendengar Bunyi dengung, berdecit, atau gesekan logam dari bagian belakang kendaraan (gardan), itu Dapat jadi tanda pelumasan Kagak maksimal karena oli gardan sudah jelek atau habis.
2. Getaran Berlebih Demi Berkendara
Getaran yang muncul terutama Demi kendaraan melaju Segera atau menanjak Dapat menandakan gesekan berlebih di komponen gardan akibat oli yang sudah Kagak layak Mengenakan.
3. Perpindahan Gigi Tersendat (Demi mobil manual/AT)
Meski gardan bukan bagian transmisi langsung, pelumas yang sudah kotor Dapat berpengaruh pada kehalusan perpindahan daya ke roda.
4. Oli Berwarna Hitam Pekat atau Berbau Gosong
Demi dicek, oli gardan yang Bagus biasanya berwarna coklat muda hingga kuning keemasan. Kalau sudah hitam pekat atau baunya terbakar, saatnya ganti!
5. Komponen Gardan Segera Panas
Oli gardan yang bagus menjaga suhu tetap Kukuh. Kalau gardan Segera panas, Dapat jadi oli sudah menurun kualitasnya.
6. Terdengar Bunyi “Gluduk” Demi Kelok atau Ngerem
Bunyi ini Dapat berasal dari gir atau komponen gardan lain yang kekurangan pelumas. Ini Dapat menandakan oli sudah Kagak Kembali melindungi secara optimal.
7. Performa Berkendara Menurun
Kendaraan terasa berat atau Kagak responsif, terutama Demi tanjakan atau membawa beban. Gardan yang Kagak dilumasi dengan Bagus Dapat menurunkan efisiensi tenaga.
8. Sudah Lewat Jarak Tempuh Penggantian
Umumnya oli gardan perlu diganti setiap 10.000 – 20.000 km tergantung jenis kendaraan dan pemakaian. Kalau sudah lewat, meskipun belum terasa efeknya, tetap disarankan ganti.
9. Terdapat Kebocoran di Gardan
Kalau Engkau lihat Terdapat tetesan oli di Dasar kendaraan (khususnya dekat diferensial belakang), Dapat jadi Terdapat kebocoran dan menyebabkan volume oli gardan berkurang.
Oli gardan berfungsi Demi melumasi gear dan bearing di dalam gardan agar Kagak aus karena gesekan, mendinginkan komponen gardan Demi bekerja pada suhu tinggi.
Lewat, melindungi dari karat dan korosi, mengurangi gesekan dan kebisingan Demi kendaraan berjalan, dan menjaga performa dan umur panjang sistem penggerak. (Z-4)

