8 Penyebab V-Belt Motor Matic Kendor, ini Tanda-cirinya

8 Penyebab V-Belt Motor Matic Kendor, ini Ciri-cirinya
Berikut Penyebab V-Belt Motor Matic Kendor(freepik)

V-Belt motor matic adalah sabuk berbentuk huruf “V” yang berfungsi sebagai penghubung antara pulley depan (drive pulley) dan pulley belakang (driven pulley) di sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic.

V-belt berfungsi Kepada mentransfer putaran mesin ke roda belakang melalui mekanisme CVT. Ketika kecepatan meningkat, V-belt akan berpindah posisi di antara pulley Kepada menyesuaikan torsi dan kecepatan.

1. Usia Mengenakan yang Sudah Pelan

Seiring waktu, material V-belt akan aus dan lentur, sehingga kehilangan tegangan optimal.

2. Kualitas V-Belt Kagak baik

Menggunakan V-belt aftermarket yang kualitasnya rendah Dapat lebih Segera kendor dibandingkan yang original.

Cek Artikel:  Desain paten Kawasaki Ninja ZX-25R . . nggak main main !

3. Pemasangan yang Kagak Benar

Kalau Ketika pemasangan V-belt Kagak sesuai dengan standar pabrik, tegangan Dapat Kagak pas dan Segera Lenggang.

4. CVT (Continuously Variable Transmission) Kotor atau Aus

Debu, oli, atau kotoran di area CVT Dapat menyebabkan slip dan Membangun V-belt terasa kendor.

5. Roller CVT Aus atau Kagak Seimbang

Ketika roller aus, distribusi tekanan ke V-belt Kagak merata dan menyebabkan tarikan terasa berat/kendor.

6. Pully Depan atau Belakang Bermasalah

Permukaan pulley yang aus atau bengkok akan Membangun V-belt Kagak mencengkeram dengan Berkualitas.

7. V-Belt Terlalu Panjang (Salah Ukuran)

Mengganti dengan ukuran yang Kagak sesuai spesifikasi motor Dapat menyebabkan V-belt Lenggang.

Cek Artikel:  Daftar Kegiatan Balap Honda 2025

8. Gaya Berkendara Ekstrem (Sering Gas-Rem Mendadak)

Gaya berkendara agresif mempercepat keausan komponen CVT, termasuk V-belt.

1. Tarikan Awal Terasa Berat atau Lemot

Motor terasa berat Ketika mulai jalan.

2. Bunyi Decitan Ketika Digas

Eksis bunyi mencicit dari area CVT Ketika mesin mendapat beban.

3. Getaran Kagak Wajar di Bagian CVT

Motor bergetar Ketika Percepatan, terutama dari kecepatan rendah.

4. Percepatan Tertunda atau Kagak Responsif

Gas sudah dibuka, tapi motor telat melaju.

5. Konsumsi BBM Lebih Boros

Efisiensi tenaga menurun karena gesekan berlebih.

6. Top Speed Berkurang

Motor sulit mencapai kecepatan maksimal seperti biasanya.

7. Terdengar Bunyi Gaduh Ketika Idle

V-belt Lenggang Dapat menyebabkan gesekan Kagak Konsisten di area CVT.

Cek Artikel:  Mobil Listrik Perdana Suzuki e VITARA akan Dijual di Indonesia pada Awal 2026

8. Tali V-Belt Retak atau Permukaan Pecah-pecah (Secara Visual)

Ketika dibuka, terlihat tanda-tanda keausan fisik.

V-belt adalah komponen vital pada motor matic yang bekerja seperti rantai penggerak, tapi dalam bentuk sabuk Luwes dan Mekanis. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai