8 Penyebab Shockbreaker Motor Terlalu Empuk

8 Penyebab Shockbreaker Motor Terlalu Empuk
Berikut Penyebab Shockbreaker Motor Terlalu Empuk(freepik)

SHOCKBREAKER motor adalah komponen pada sistem suspensi sepeda motor yang berfungsi Buat meredam guncangan dan getaran ketika motor melewati jalan Enggak rata, berlubang, atau Demi menikung.

Shockbreaker bekerja dengan kombinasi pegas dan oli. Pegas menahan beban dan meredam hentakan, sementara oli mengatur pergerakan agar redamannya halus, Enggak mantul berlebihan.

1. Per Shockbreaker Melemah

Per yang sudah lelet dipakai Pandai kehilangan elastisitas, sehingga daya topangnya berkurang dan Membikin shock terasa empuk berlebihan.

2. Oli Shockbreaker Berkurang atau Habis

Oli berfungsi meredam hentakan. Kalau oli bocor atau habis, redaman hilang dan shock jadi lembek.

Cek Artikel:  Honda CB500 Masuk Dalam Keluarga HORNET Sekarang

3. Seal Shock Rusak atau Bocor

Seal yang aus menyebabkan oli keluar dari tabung shock, sehingga pergerakan jadi terlalu bebas.

4. Beban Motor Berlebihan

Membawa muatan atau penumpang Melampaui kapasitas Membikin shockbreaker Segera turun dan terasa lembek.

5. Kualitas Shockbreaker Murah atau Enggak Sesuai

Penggunaan shock aftermarket dengan kualitas rendah atau Enggak sesuai spesifikasi motor Pandai Membikin suspensi terlalu empuk.

6. Tabung atau Batang Shock Aus

Gesekan Maju-menerus dapat Membikin komponen dalam shock aus, sehingga pergerakannya Enggak Konsisten dan lebih lembek.

7. Pengaturan Shock Salah

Beberapa motor Mempunyai setelan kekerasan shock. Kalau disetel terlalu lunak, suspensi jadi empuk berlebihan.

Cek Artikel:  Hanya 260 Unit, Ducati rilis Panigale V4S spesial Bagnaia & Bautista

8. Umur Pemakaian Shockbreaker

Shock yang sudah berumur lelet Niscaya menurun performanya, terutama Kalau jarang dirawat.

Kalau shockbreaker terlalu empuk, dampaknya Pandai bikin motor Enggak Konsisten Demi menikung, gampang mentok Demi melewati jalan berlubang, dan berbahaya Buat keselamatan. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai