
OLI motor adalah cairan pelumas yang digunakan dalam mesin motor Demi mengurangi gesekan antar komponen, menjaga suhu mesin tetap Kukuh, membersihkan kotoran, dan memperpanjang usia mesin.
Apabila telat ganti oli, maka mesin akan Segera panas, Bunyi mesin kasar, komponen aus lebih Segera, dan konsumsi bahan bakar meningkat.
1. Seal atau Ring Piston Aus
Fungsi ring piston adalah mencegah oli masuk ke ruang bakar. Apabila aus, oli akan ikut terbakar, menyebabkan pengurangan volume oli tanpa terlihat bocor.
2. Piston dan Silinder Aus
Piston dan dinding silinder yang Lenggang atau lecet Membikin oli masuk ke ruang pembakaran, Lewat terbakar Berbarengan bahan bakar.
3. Knalpot Ngebul
Tanda oli terbakar. Biasanya disebabkan oleh kerusakan komponen mesin dalam, terutama pada motor 4-tak.
4. Kebocoran Oli
Oli Pandai bocor dari seal crankshaft, gasket mesin, dan tutup oli yang Kagak rapat. Bocor biasanya meninggalkan bekas tetesan di Dasar atau area mesin.
5. Temperatur Mesin Terlalu Panas
Overheat Pandai mengurangi kekentalan oli, membuatnya Segera menguap atau terbakar. Penyebab overheat adalah kipas Wafat, radiator kotor, atau oli kualitas rendah.
6. Penggunaan Oli Kagak Sesuai Spesifikasi
Oli terlalu encer misalnya 10W-30 Demi motor yang butuh 20W-50 mudah terbakar atau bocor ke ruang mesin.
7. Pemasangan Baut atau Filter Kurang Rapat
Baut pembuangan oli Dasar atau filter oli yang Lenggang Pandai menyebabkan rembesan halus yang lelet-lelet Membikin oli habis.
8. Pemakaian Motor Ekstrem & Kagak Teratur Ganti Oli
Apabila motor sering digunakan jarak jauh atau stop & go, oli lebih Segera panas dan kualitasnya turun. Terlambat ganti oli juga membuatnya mudah menguap atau rusak fungsinya.
Agar Kagak terjadi hal tersebut, baiknya periksa rutin volume oli setiap 1 Tiba 2 minggu. Ganti oli sesuai Jarak, biasanya tiap 2.000 hingga 3.000 km. Serta gunakan oli berkualitas dan sesuai spesifikasi pabrikan. (Z-4)

