8 Penyebab Motor Suntik Tewas Demi di Gas

8 Penyebab Motor Injeksi Mati saat di Gas
Berikut Penyebab Motor Suntik Tewas(freepik)

MOTOR Suntik adalah jenis sepeda motor yang menggunakan sistem Fuel Injection (FI) Demi menyuplai bahan bakar ke ruang bakar mesin.

Sistem ini menggantikan karburator dengan teknologi yang lebih efisien, di mana bahan bakar disemprotkan langsung ke mesin melalui injektor yang dikendalikan oleh ECU.

Motor Suntik yang Tewas Demi digas Pandai disebabkan oleh beberapa Unsur.

1. Filter Udara Kotor atau Tersumbat

Filter udara yang kotor menghambat Jenis udara ke mesin, sehingga pembakaran Enggak optimal.

Solusi: Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala.

2. Injektor Bensin Kotor atau Tersumbat

Injektor yang kotor akan menghambat Jenis bahan bakar ke ruang bakar.

Cek Artikel:  6 Pembalap Indonesia Siap Berlaga di Asia Talent Cup Seri Finale Mandalika 2021

Solusi: Gunakan bensin berkualitas dan lakukan pembersihan injektor secara rutin.

3. Pompa Bensin Lemah atau Rusak

Pompa bahan bakar yang melemah Enggak Pandai mengalirkan bensin dengan tekanan yang cukup ke injektor.

Solusi: Periksa tekanan pompa bensin dan ganti Kalau sudah lemah.

4. Sensor TPS (Throttle Position Sensor) Bermasalah

Sensor TPS berfungsi mengatur suplai bahan bakar sesuai bukaan gas. Kalau rusak, motor Pandai brebet atau Tewas Demi digas.

Solusi: Cek dan reset sensor TPS di bengkel Formal.

5. Busi Kotor atau Lemah

Busi yang kotor atau sudah aus akan menyebabkan percikan api lemah, sehingga pembakaran Enggak sempurna.

Solusi: Bersihkan atau ganti busi Kalau sudah terlalu Pelan dipakai.

Cek Artikel:  Hasil Lengkap Asia Road Racing Championship 2013 Seri 1 Sepang

6. Aki Lemah atau Drop

Motor Suntik sangat bergantung pada sistem kelistrikan. Aki yang lemah Pandai mengganggu kerja ECU dan injektor.

Solusi: Periksa tegangan aki, Kalau kurang dari 12V, sebaiknya ganti aki baru.

7. ECU atau Sensor Lain Bermasalah

ECU yang error Pandai menyebabkan motor kehilangan tenaga atau bahkan Tewas Demi digas.

Solusi: Scan ECU di bengkel Formal Demi mendeteksi kerusakan.

8. Selang Vakum atau Intake Bocor

Kalau Eksis kebocoran pada intake atau selang vakum, Jenis udara ke mesin akan terganggu dan menyebabkan motor Tewas Demi digas.

Solusi: Periksa selang vakum dan intake manifold, Kalau Eksis retakan atau bocor, segera ganti.

Cek Artikel:  IMOS 2022 : Harga Suzuki V-Strom SX250 baru dirilis di 2023

Kalau motor Suntik Anda Tewas Demi digas, cek bagian kelistrikan, bahan bakar, dan sensor terlebih dahulu. Kalau Tetap bermasalah, segera bawa ke bengkel Demi pengecekan lebih lanjut. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai