
MOTOR 2 tak adalah jenis sepeda motor yang menggunakan mesin dua langkah, di mana satu siklus kerja mesin terjadi hanya dalam dua langkah piston.
Mesin ini berbeda dengan motor 4 tak yang memerlukan empat langkah piston Demi menyelesaikan satu siklus kerja.
1. Busi Bermasalah
Busi yang aus, kotor, atau Bukan sesuai spesifikasi Dapat menyebabkan pengapian lemah atau Bukan Konsisten, sehingga motor sulit hidup atau mogok.
2. Karburator Kotor atau Tersumbat
Motor 2 tak Lagi menggunakan karburator. Kalau kotor atau tersumbat oleh kotoran/bensin Sepuh, campuran udara dan bahan bakar jadi Bukan ideal.
3. Filter Udara Tersumbat
Filter udara yang kotor akan menghambat Kategori udara ke karburator, menyebabkan campuran bahan bakar jadi terlalu basah dan motor Dapat mogok.
4. Bahan Bakar Bukan Sesuai atau Kotor
Bahan bakar yang tercampur air atau Bukan sesuai misalnya terlalu banyak oli samping Dapat Membangun pembakaran Bukan sempurna dan menyebabkan mesin brebet atau mogok.
5. Kualitas Oli Samping Bukan baik
Motor 2 tak sangat tergantung pada oli samping. Kalau oli terlalu kental, terlalu encer, atau kualitas Bukan baik, pelumasan akan terganggu dan mesin Dapat Segera panas atau Mandek.
6. Kompresi Mesin Rendah
Silinder dan ring piston aus akan menyebabkan kompresi turun. Akibatnya, tenaga lemah, mesin susah hidup, dan rentan mogok.
7. Koil atau CDI Lemah
Sistem pengapian seperti koil atau CDI yang sudah melemah dapat Membangun percikan api ke busi Bukan maksimal, terutama Begitu mesin panas.
8. Overheat
Motor 2 tak cenderung lebih Segera panas. Kalau pendinginan Bukan maksimal atau pelumasan Bukan baik, mesin Dapat overheat dan akhirnya mogok mendadak.
Agar hal tersebut Bukan terjadi, baiknya lakukan servis karburator dan ganti busi, gunakan bahan bakar dan oli samping berkualitas, serta bersihkan filter udara. (Z-4)

