
KNALPOT motor adalah komponen pada kendaraan bermotor yang berfungsi Demi menyalurkan, mengatur, dan meredam gas hasil pembakaran mesin sebelum dibuang ke udara bebas.
Selain itu, knalpot juga membantu mengurangi kebisingan Bunyi mesin dan, pada beberapa desain, meningkatkan performa melalui pengaturan Kategori gas buang.
1. Ring piston aus
Ring piston yang aus Membikin oli mesin merembes masuk ke ruang bakar dan terbakar, menghasilkan asap putih kebiruan.
2. Sil klep bocor
Seal atau sil klep yang rusak menyebabkan oli merembes ke ruang bakar Demi mesin bekerja, memunculkan asap.
3. Oli mesin berlebihan
Pengisian oli Melampaui kapasitas Bisa menyebabkan oli masuk ke ruang bakar dan terbakar.
4. Kerusakan pada piston atau silinder
Piston yang baret atau silinder aus Membikin kompresi bocor dan oli ikut terbakar Serempak bahan bakar.
5. Bahan bakar tercampur oli
Apabila tangki atau karburator kemasukan oli, pembakaran akan menghasilkan asap tebal.
6. Filter udara kotor
Filter udara yang tersumbat Membikin campuran bahan bakar terlalu kaya, sehingga pembakaran Kagak sempurna dan mengeluarkan asap hitam.
7. Karburator atau injektor bermasalah
Setelan bahan bakar yang terlalu boros atau injektor kotor Membikin bensin Kagak terbakar sempurna, memicu asap berlebihan.
8. Oli gardan bocor
Pada motor matic, Apabila seal CVT atau gardan bocor, oli Bisa masuk ke area knalpot dan terbakar, menimbulkan asap putih.
Fungsi Istimewa dari knalpot motor Demi menyalurkan gas buang dari ruang bakar ke luar kendaraan. Serta meredam Bunyi mesin agar Kagak terlalu bising. (Z-4)

