8 Penyebab Knalpot Motor Berasap Demi di Gas

8 Penyebab Knalpot Motor Berasap saat di Gas
Berikut Penyebab Knalpot Motor Berasap Demi di Gas(freepik)

KNALPOT motor adalah salah satu komponen Krusial pada kendaraan bermotor yang berfungsi Demi menyalurkan sekaligus mengatur pembuangan gas hasil sisa pembakaran mesin.

Selain itu, knalpot juga berperan sebagai peredam Bunyi agar Bunyi mesin Tak terlalu bising dan menjaga performa mesin tetap optimal.

1. Oli mesin ikut terbakar

Pandai karena seal klep aus atau ring piston aus, sehingga oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, menghasilkan asap putih kebiruan.

2. Bahan bakar Tak sempurna terbakar

Campuran udara dan bensin yang Tak seimbang Membikin pembakaran Tak sempurna dan keluar asap hitam.

Cek Artikel:  Husqvarna E-Pilen akan diproduksi tahun 2022

3. Kualitas bahan bakar Tak baik

Menggunakan bensin oplosan, bercampur kotoran, atau Tak sesuai oktan Pandai Membikin pembakaran kotor dan mengeluarkan asap.

4. Knalpot kotor atau tersumbat

Penumpukan kerak karbon di saluran knalpot Membikin gas buang Tak Lancar, sehingga asap lebih pekat.

5. Overheating mesin

Suhu mesin terlalu panas dapat Membikin oli Segera terbakar dan menimbulkan asap berlebih.

6. Karburator atau injektor bermasalah

Apabila karburator banjir atau injektor kotor, campuran bahan bakar jadi Tak Cocok dan menghasilkan asap hitam atau putih.

7. Penggunaan oli samping berlebih

Pada motor 2 tak, Strata oli samping yang terlalu banyak akan menimbulkan asap putih tebal dari knalpot.

Cek Artikel:  Perjuangan Andi Gilang, Gerry, Dwiki Suparta dan Alif Penting di SAATC Zuhai 2016 bermula hari ini

8. Kerusakan pada piston atau silinder

Apabila dinding silinder baret atau piston rusak, oli mesin Pandai lebih mudah masuk ke ruang bakar sehingga knalpot Maju mengeluarkan asap.

Knalpot bukan hanya sekadar pipa pembuangan, tetapi juga memengaruhi kenyamanan, efisiensi bahan bakar, bahkan kesehatan mesin. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai