
KNALPOT motor adalah salah satu komponen Krusial pada kendaraan bermotor yang berfungsi Demi menyalurkan sekaligus mengatur pembuangan gas hasil sisa pembakaran mesin.
Selain itu, knalpot juga berperan sebagai peredam Bunyi agar Bunyi mesin Tak terlalu bising dan menjaga performa mesin tetap optimal.
1. Oli mesin ikut terbakar
Pandai karena seal klep aus atau ring piston aus, sehingga oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, menghasilkan asap putih kebiruan.
2. Bahan bakar Tak sempurna terbakar
Campuran udara dan bensin yang Tak seimbang Membikin pembakaran Tak sempurna dan keluar asap hitam.
3. Kualitas bahan bakar Tak baik
Menggunakan bensin oplosan, bercampur kotoran, atau Tak sesuai oktan Pandai Membikin pembakaran kotor dan mengeluarkan asap.
4. Knalpot kotor atau tersumbat
Penumpukan kerak karbon di saluran knalpot Membikin gas buang Tak Lancar, sehingga asap lebih pekat.
5. Overheating mesin
Suhu mesin terlalu panas dapat Membikin oli Segera terbakar dan menimbulkan asap berlebih.
6. Karburator atau injektor bermasalah
Apabila karburator banjir atau injektor kotor, campuran bahan bakar jadi Tak Cocok dan menghasilkan asap hitam atau putih.
7. Penggunaan oli samping berlebih
Pada motor 2 tak, Strata oli samping yang terlalu banyak akan menimbulkan asap putih tebal dari knalpot.
8. Kerusakan pada piston atau silinder
Apabila dinding silinder baret atau piston rusak, oli mesin Pandai lebih mudah masuk ke ruang bakar sehingga knalpot Maju mengeluarkan asap.
Knalpot bukan hanya sekadar pipa pembuangan, tetapi juga memengaruhi kenyamanan, efisiensi bahan bakar, bahkan kesehatan mesin. (Z-4)

