
MESIN motor adalah komponen Primer pada kendaraan bermotor roda dua yang berfungsi sebagai penggerak dengan Metode mengubah Kekuatan dari bahan bakar menjadi Kekuatan mekanik Demi memutar roda.
Singkatnya, mesin motor adalah jantung dari sepeda motor yang menentukan performa, efisiensi, dan keawetan kendaraan.
1. Oli masuk ke ruang bakar
Biasanya karena ring piston aus, silinder baret, atau klep bocor sehingga oli terbakar dan menghasilkan asap putih.
2. Seal Tutup rusak
Apabila seal sudah getas atau bocor, oli Dapat merembes ke ruang bakar dan terbakar Serempak bensin.
3. Ring piston aus
Ring piston yang aus Tak Dapat menahan oli di ruang bakar, menyebabkan oli ikut terbakar.
4. Silinder aus atau baret
Gesekan berlebih atau kurangnya pelumasan Dapat Membikin silinder baret, sehingga oli masuk ke ruang pembakaran.
5. Penggunaan oli Tak sesuai spesifikasi
Oli terlalu encer atau Tak cocok dengan mesin motor Dapat lebih mudah masuk ke ruang bakar.
6. Overheating
Panas berlebih Membikin oli lebih Segera terbakar dan keluar sebagai asap putih.
7. Head gasket bocor
Pada beberapa motor berpendingin cairan, Apabila gasket bocor, air radiator atau oli Dapat masuk ke ruang bakar sehingga menghasilkan asap putih.
8. Karburator atau sistem Infus bermasalah
Campuran bahan bakar terlalu boros atau settingan Tak Cocok Dapat Membikin pembakaran Tak sempurna dan mengeluarkan asap putih.
Apabila motor Engkau mengeluarkan asap putih Lalu-menerus, itu tanda Terdapat masalah serius pada mesin, bukan sekadar knalpot kotor.
Solusi biasanya melibatkan servis besar, ganti ring piston, seal klep, atau perbaikan silinder. (Z-4)

