8 Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Segera Habis

8 Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Cepat Habis
Berikut Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Segera Habis(freepik)

KAMPAS ganda adalah salah satu komponen Krusial dalam sistem transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matic.

Fungsinya adalah Kepada menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang secara halus dan Mekanis, terutama Ketika motor mulai melaju dari posisi Hening.

1. Sering Berkendara di Jalan Sempit

Di jalan Sempit, motor matic sering berhenti dan jalan secara perlahan. Ini Membikin kampas ganda Lanjut bergesekan dengan rumah kopling, mempercepat keausan.

2. Tarikan Mendadak atau Percepatan Kasar

Menarik gas secara tiba-tiba Ketika start atau berkendara Membikin beban pada kampas ganda meningkat, sehingga permukaannya Segera terkikis.

Cek Artikel:  Kalihurip Satu Hati (KSH) Binaan AHM Beralih Produksi Masker

3. Kampas Ganda Kualitas Rendah

Menggunakan kampas aftermarket yang Enggak berkualitas atau bukan original dapat menyebabkan usia pakainya jauh lebih pendek dari standar pabrikan.

4. Beban Motor Terlalu Berat

Sering membawa beban berlebihan (misalnya boncengan berat atau barang banyak) menyebabkan kampas ganda bekerja lebih keras dari semestinya.

5. Rumah Kopling atau Mangkok Ganda Aus

Kalau rumah kopling sudah aus atau bergelombang, gesekan dengan kampas Enggak merata dan Membikin kampas Segera aus secara Enggak normal.

6. Kurangnya Perawatan CVT

Kotoran dan debu yang menumpuk di area CVT (tempat kampas ganda berada) Pandai Membikin gesekan Enggak optimal dan mempercepat keausan kampas.

Cek Artikel:  Ini 5 Kebiasaan yang Rupanya Membangun Ban Mobilmu Mudah Rusak

7. Gaya Berkendara yang Enggak Halus

Gaya mengemudi yang kasar dan suka memainkan gas berlebihan Pandai mempercepat gesekan kampas terhadap mangkok kopling, mempercepat keausan.

8. Usia Guna Sudah Lamban

Meski pemakaian normal, kampas ganda tetap Mempunyai batas usia Guna. Kalau motor sudah menempuh jarak puluhan ribu km, kampas wajar habis.

Tanda Kampas Ganda Habis

  • Tarikan awal terasa berat atau bergetar (gredek)
  • Percepatan Lamban padahal gas sudah dibuka
  • Bunyi Ribut dari area CVT
  • RPM tinggi tapi motor Enggak melaju Segera

Kepada memperpanjang umur kampas ganda, sebaiknya servis CVT secara rutin (Sekeliling setiap 8.000–12.000 km) dan hindari kebiasaan berkendara yang mempercepat keausan. (Z-4)

Cek Artikel:  HRC Uji Winglet Depan RC213V Yang mirip Winglet M1

Mungkin Anda Menyukai