
CVT atau Continuously Variable Transmission motor adalah sistem transmisi Mekanis yang digunakan pada motor matic Demi mengatur perpindahan tenaga dari mesin ke roda tanpa perlu perpindahan gigi secara manual.
Sistem CVT banyak digunakan pada motor matic seperti Honda Vario, Yamaha NMAX, dan Suzuki Address. Sistem CVT motor matic Pandai mengalami Bunyi Ribut atau kasar Apabila Terdapat masalah pada komponennya.
1. Kampas Kopling Ganda Aus
Apabila kampas kopling ganda sudah tipis atau aus, gesekan yang Enggak normal Pandai menimbulkan Bunyi Ribut seperti berdengung atau bergetar.
2. V-Belt Mulai Retak atau Aus
V-belt yang sudah aus Pandai menyebabkan Bunyi kasar atau gesekan Begitu mesin dinyalakan. Apabila dibiarkan, V-belt Pandai putus dan motor Enggak Pandai berjalan.
3. Roller CVT Sudah Aus atau Enggak Rata
Roller yang aus atau Enggak berbentuk bulat sempurna akan Membikin Bunyi gemuruh atau getaran berlebih Begitu Percepatan.
4. Grease atau Pelumas CVT Mengering
Pelumas kering atau kotor Pandai Membikin pergerakan komponen CVT Enggak Fasih, sehingga menimbulkan bunyi gesekan.
5. Rumah Roller atau Variator Kotor atau Baret
Apabila terdapat kotoran, debu, atau baret pada rumah roller, maka Bunyi kasar Pandai muncul Begitu tarikan gas.
6. Per CVT Lemah atau Rusak
Per kopling ganda yang sudah lemah Pandai Membikin Percepatan motor Enggak Konsisten dan menghasilkan Bunyi kasar Begitu motor berjalan.
7. Bearing CVT Rusak atau Luas
Bearing yang mulai aus atau Luas Pandai menimbulkan Bunyi gemeretak atau bunyi kasar Begitu motor dijalankan.
8. Kampas Ganda Enggak Menekan dengan Sempurna
Apabila kampas ganda Enggak mencengkeram dengan Bagus, akan timbul bunyi kasar seperti gesekan logam atau getaran yang Enggak normal.
Apabila CVT motormu mulai Ribut, lebih Bagus segera diperiksa agar Enggak merusak komponen lainnya. (Z-4)

