
BUSI motor adalah komponen Krusial dalam sistem pembakaran mesin yang berfungsi Kepada menghasilkan percikan api guna menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.
Busi terletak di bagian kepala silinder, menancap ke dalam ruang bakar, dan terhubung ke koil pengapian melalui kabel busi.
1. Campuran Bahan Bakar dan Udara Terlalu Kaya
Terlalu banyak bensin dibandingkan udara menyebabkan pembakaran Kagak sempurna. Akibatnya, sisa bahan bakar menempel di busi dan membuatnya Segera menghitam.
2. Filter Udara Kotor atau Tersumbat
Filter udara yang kotor akan menghambat Aliran udara ke ruang bakar. Hal ini Membikin campuran bensin lebih banyak daripada udara, sehingga menyebabkan jelaga hitam di busi.
3. Karburator atau Injektor Bermasalah
Pada motor karburator, setelan angin dan bensin Kagak seimbang. Pada motor Infus, sensor Infus rusak atau semprotan bensin terlalu banyak.
4. Pemakaian Oli Berlebih atau Bocor ke Ruang Bakar
Oli yang masuk ke ruang bakar akan terbakar dan meninggalkan residu hitam pada busi. Bisa disebabkan oleh seal klep bocor atau ring piston aus.
5. Kualitas Bahan Bakar Jelek
BBM dengan kadar oktan rendah atau kotor Bisa menyebabkan pembakaran Kagak sempurna dan meninggalkan kerak di busi.
6. Terlalu Pelan Pemanasan Mesin Tanpa Jalan
Memanaskan motor terlalu Pelan dalam kondisi Tenang Bisa Membikin busi Segera menghitam karena pembakaran Kagak efektif.
7. Mesin Selalu Jalan dengan RPM Rendah
Kalau motor sering digunakan di kecepatan rendah, busi Kagak mencapai suhu ideal, sehingga sisa pembakaran menempel dan menghitamkan busi.
8. Salah Pilih Tipe Busi
Menggunakan busi dengan kode panas yang Kagak sesuai Bisa menyebabkan kerak hitam lebih Segera muncul. Busi dingin cocok Kepada motor berperforma tinggi. Sedangkan, busi panas cocok Kepada motor harian atau beban ringan.
Pengaruh dari busi motor hitam mesin brebet atau susah hidup, boros bensin, tarikan loyo, dan pembakaran Kagak efisien. (Z-4)

