8 Ciri-Ciri Kampas Rem Motor Sudah Habis

8 Ciri-ciri Kampas Rem Motor Sudah Habis
Berikut Ciri-Ciri kampas rem habis(freepik)

KAMPAS rem adalah komponen Krusial pada sistem rem kendaraan, Berkualitas itu motor, mobil, atau kendaraan lainnya, yang berfungsi Demi menghasilkan gaya gesekan yang diperlukan Demi memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.

Kampas rem bekerja dengan Metode menekan permukaan cakram (pada rem cakram) atau tromol (pada rem tromol) ketika pengendara menginjak tuas rem atau pedal rem.

Kampas rem motor yang sudah habis atau aus dapat membahayakan keselamatan berkendara.

1. Bunyi Berdecit atau Ribut

Kampas rem yang sudah tipis sering menimbulkan Bunyi berdecit Begitu digunakan. Bunyi ini disebabkan oleh gesekan antara logam dan cakram atau tromol rem.

Cek Artikel:  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Lumrahkan Nakhoda Baru

2. Jarak Rem Menjadi Lebih Panjang

Apabila kampas rem sudah habis, Anda mungkin akan merasa jarak pengereman motor menjadi lebih panjang. Rem Kagak akan memberikan Dampak pengereman yang optimal.

3. Motor Terasa Kagak Kukuh Begitu Diberhentikan

Kampas rem yang aus Dapat Membangun motor terasa Kagak Kukuh atau goyang Begitu diberhentikan, terutama Begitu pengereman mendadak.

4. Perasaan “Ngelos” pada Rem

Ketika kampas rem mulai habis, Anda mungkin merasakan rem seperti Kagak menggigit atau terasa licin meskipun sudah diinjak. Ini mengindikasikan bahwa daya cengkraman kampas sudah berkurang.

5. Eksis Getaran pada Rem

Rem yang aus Dapat menyebabkan getaran atau gemuruh pada tuas rem atau pedal rem Begitu diinjak. Hal ini terjadi karena kampas rem yang sudah tipis Kagak dapat menekan permukaan cakram atau tromol dengan Berkualitas.

Cek Artikel:  Yamaha Indonesia siap Rilis Motor Hybrid Baru akhir pekan ini

6. Tampilan Visual Kampas Rem

Secara visual, kampas rem yang sudah habis akan terlihat sangat tipis atau bahkan rata dengan permukaan logam. Apabila Menyaksikan kampas rem secara langsung, Anda akan Menyaksikan seberapa banyak ketebalan yang tersisa.

7. Tingkat Keausan Kagak Merata

Kampas rem yang aus Kagak selalu aus dengan merata. Dapat saja salah satu sisi kampas rem lebih tipis daripada sisi lainnya. Ini Dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sistem pengereman.

8. Pengereman Kagak Responsif

Apabila kampas rem habis, rem Dapat terasa lebih “pelan” atau kurang responsif. Anda harus menginjak rem lebih dalam atau lebih lelet Demi mendapatkan Dampak pengereman yang sama.

Cek Artikel:  PLN Babel Gelar EV Drive Expedition Kepada Dukung Transisi Kekuatan Rapi

Apabila Anda menemui salah satu atau beberapa tanda-tanda ini, segera periksakan kampas rem motor Anda dan ganti dengan yang baru agar keselamatan berkendara tetap terjaga. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai