7 Penyebab Motor 2 Tak Enggak Bisa Hidup

7 Penyebab Motor 2 Tak tidak Bisa Hidup
Berikut Penyebab Motor 2 Tak Enggak Bisa Hidup(freepik)

MOTOR 2 Tak adalah jenis mesin yang bekerja dengan siklus pembakaran dua langkah dalam satu putaran piston.

Artinya, dalam satu siklus kerja, piston hanya melakukan dua langkah atau kompresi dan usaha Demi menghasilkan tenaga.

1. Busi Rusak atau Kotor

Busi yang sudah aus, basah, atau kotor dapat menghambat percikan api yang dibutuhkan Demi pembakaran.

Solusi: Bersihkan busi atau ganti dengan yang baru Kalau sudah Enggak layak Mengenakan.

2. Pengapian Bermasalah

Koil, CDI, atau spul yang rusak Bisa menyebabkan Enggak Terdapat percikan api ke busi.

Solusi: Cek apakah Terdapat percikan api dari busi dengan Metode menempelkannya ke blok mesin dan starter motor. Kalau Enggak Terdapat, periksa komponen pengapian.

Cek Artikel:  Rossi Ingin Lebih Serempak Tim VR46 pada Musim MotoGP 2025

3. Karburator Kotor atau Tersumbat

Kotoran atau kerak di karburator dapat menghambat Kategori bahan bakar ke ruang bakar.

Solusi: Bersihkan karburator secara rutin agar suplai bahan bakar tetap Fasih.

4. Filter Udara Tersumbat

Kalau filter udara kotor atau tersumbat, campuran udara dan bahan bakar menjadi Enggak seimbang sehingga motor sulit hidup.

Solusi: Bersihkan atau ganti filter udara Kalau sudah terlalu kotor.

5. Bahan Bakar Enggak Mengalir dengan Berkualitas

Saluran bahan bakar yang tersumbat atau selang bensin yang bocor Bisa Membikin bahan bakar Enggak Tiba ke karburator.

Cek Artikel:  Formal! Toprak Gabung BMW Motorrad WSBK Mulai 2024

Solusi: Periksa apakah bahan bakar mengalir Fasih ke karburator. Kalau tersumbat, bersihkan atau ganti selangnya.

6. Kompresi Mesin Lemah

Ring piston aus, silinder baret, atau kebocoran di head silinder Bisa Membikin kompresi mesin turun sehingga motor sulit hidup.

Solusi: Periksa tekanan kompresi menggunakan alat compression tester. Kalau lemah, perlu overhaul mesin.

7. Sistem Pelumas Bermasalah

Motor 2 tak membutuhkan oli samping Demi pelumasan. Kalau oli samping habis atau sistem pelumasannya bermasalah, piston Bisa Sendat atau aus lebih Segera.

Solusi: Pastikan oli samping selalu tersedia dan sistem pelumasan bekerja dengan Berkualitas.

Kalau motor tetap Enggak mau hidup setelah pengecekan di atas, sebaiknya bawa ke bengkel Demi pemeriksaan lebih lanjut. (Z-12)

Cek Artikel:  Intip Sosok Suzuki GSX-R150 versi Suzuki Asia Challenge ARRC 2017

Mungkin Anda Menyukai