7 Dalih Motor 2 Tak Harus Menggunakan Oli Samping

7 Alasan Motor 2 Tak Harus Menggunakan Oli Samping
Berikut Dalih Motor 2 Tak harus menggunakan oli samping(Freepik)

MOTOR 2 tak adalah jenis sepeda motor yang menggunakan mesin dengan siklus pembakaran dua langkah.

Mesin ini menyelesaikan satu siklus kerja ieperti ntake, compression, combustion, exhaust dalam dua langkah piston atau satu putaran poros engkol, berbeda dengan mesin 4 tak yang membutuhkan empat langkah piston.

Motor 2 tak harus menggunakan oli samping karena desain mesinnya yang membutuhkan pelumasan Spesifik agar dapat bekerja optimal dan Tak Segera rusak.

Berikut 7 Dalih Motor 2 Tak Harus Guna Oli Samping

1. Tak Eksis Sistem Pelumasan Terpisah

Berbeda dengan motor 4 tak yang Mempunyai sistem pelumasan Spesifik dengan oli mesin di dalam crankcase, motor 2 tak Tak memilikinya. Oli samping digunakan Buat melumasi bagian dalam mesin melalui campuran bahan bakar dan oli.

Cek Artikel:  Hujan Es Di Losail .. FP2 Asia talent Cup Dipersingkat, Yamanaka tercepat !

2. Pelumasan Langsung ke Silinder dan Piston

Oli samping bercampur dengan bahan bakar dan terbakar di ruang bakar. Campuran ini melumasi komponen seperti piston, cincin piston, dan dinding silinder Buat mengurangi gesekan dan keausan.

3. Kinerja Mesin yang Lebih Segera

Motor 2-tak Mempunyai siklus pembakaran yang lebih Segera dibandingkan motor 4 tak. Hal ini menyebabkan komponen mesin bekerja lebih keras, sehingga memerlukan pelumasan yang konstan Buat mencegah kerusakan akibat panas berlebih dan gesekan.

4. Mencegah Overheating

Selain sebagai pelumas, oli samping juga membantu mendinginkan komponen mesin seperti piston dan silinder selama pembakaran berlangsung, sehingga mesin Tak mudah panas.

Cek Artikel:  Ragam Line Up Helm BELL di Indonesia.. Pecahkan Celenganmu Nak!!

5. Mengurangi Risiko Kerusakan Piston

Tanpa pelumasan dari oli samping, piston akan lebih Segera aus atau bahkan Sendat (seized engine), yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

6. Komponen Mesin Tak Dirancang Buat Oli Terpisah

Desain mesin 2 tak memungkinkan oli dan bahan bakar bercampur secara langsung. Ini berbeda dengan mesin 4 tak yang Mempunyai sistem oli terpisah di crankcase. Oli samping menjadi satu-satunya Langkah Buat melumasi bagian Krusial mesin.

7. Proses Pembakaran yang Spesifik

Pada motor 2 tak, oli samping terbakar Serempak bahan bakar di ruang bakar. Ini membantu mengurangi gesekan di ruang bakar, sehingga piston dapat bergerak dengan Lancar.

Cek Artikel:  Honda CBR250RR Bikin Kejutan di dua dari 3 sesi test Pra-Musim AP250 ARRC 2017 hari ini

Oli samping berkualitas tinggi harus digunakan Buat memastikan pelumasan yang optimal dan mengurangi sisa pembakaran yang dapat mengotori knalpot.

Pastikan oli samping selalu cukup, karena kekurangan oli samping dapat menyebabkan mesin Segera panas dan aus. (Z-12)

Mungkin Anda Menyukai