5 Bahaya Saringan Udara Motor Kotor

5 Bahaya Saringan Udara Motor Kotor
Ilustrasi, berikut lima bahaya jika saringan udara motor kalian kotor(freepik)

MERAWAT motor tidak hanya kalian lakukan servis dan ganti oli secara rutin saja.

Tetapi kalian juga haru memperhatikan part lainnya yang ada di motor.

Apabila tidak maka mesin motor kalian akan cepat rusak dan berakibat fatal.

Baca juga : Jangan Disepelekan! Ini Bahaya Kampas Rem Motor Habis

Bahkan, dampak buruk lainnya bisa membuat mati mesin.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah saringan udara.

Saringan udra ini posisinya berada di depan mesin.

Baca juga : Bahaya Knalpot Motor Menembak saat Turun Gas, ini Penyebabnya

Fungsinya saringan ini untuk menyuplai udara ke tangki bensin dan mesin.

Apabila saringan ini rusak atau kotor maka proses tersebut akan terhambat.

Cek Artikel:  BYD Motor Indonesia Gelar Media Test Drive Smart SUV Atto 3

Berikut lima bahaya saringan udara motor kotor:

1. Bahan Bakar Boros

Bahaya yang pertama adalah penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Baca juga : Bahaya Mesin Motor Panas, ini Akibatnya jika Dipaksa Jalan

Kotor atau rusaknya saringan udara akan menjalar ke bagian mesin lain.

Bahkan, penggunaan bahan bakar pun akan semakin banyak.

2. Tenaga Berkurang

Selanjutnya tenaga motor akan berkurang.

Baca juga : Bahaya Kampas Kopling Motor Habis, ini Tanda-ciri dan Penyebabnya

Dari kotornya saringan udara membuat mesin pun terkena dampaknya.

Motor kalian akan sulit untuk melaju kenjang, bahkan tidak bertenaga.

3. Karbon Pembakaran Menumpuk

Akibat yang ketiga karena saringan udara kotor menjadikan proses pembakaran tidak sempurna.

Cek Artikel:  Sokonindo Automobile dan Voltron Teken MoU Pengadaan Fast Charging

Dari hal tersebut karbon sisa pembakaran akan menumpuk di ruang bakar.

Lewat karbon tersebut akan mnempel di dinding hingga komponen lainnya.

4. Bukan Masuk Udara ke Tangki

Lewat yang keempat adalah tangki bahan bakar motor tidak akan masuk udara dari mesin.

Hal ini berhubungan dengan konsumsi bahan bakar menjadi boros dan tidak bertenaga.

Sirkulasi udara dari saringan mootor ke tangki tidak akan tersalurkan.

5. Turun Mesin

Bahaya yang terakhir adalah mesin motor menjadi mati.

Apabila hal tersebut terjadi, maka mesin kalian terpaksa harus dilakukan pembongkaran.

Langkahnya, mekanik akan melakukan turun mesin pada motor kalian dan memperbaikinya.

Dari kelima dampak tersebut jika dialami oleh motor kalian, segeralah bawa ke bengkel dan perbaiki. (Z-12)

Cek Artikel:  Mitsubishi Fuso Pamerkan Lima Model

 

Mungkin Anda Menyukai