391 Ribu Orang Tinggalkan Jakarta Menggunakan Kereta Api

Jakarta: Suasana Jakarta terpantau lenggang hari ini, khsusnya pada pagi hari seiring dengan banyaknya Penduduk Jakarta yang meninggalkan kota Buat merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sebanyak 391.568 penumpang di Area Daerah Operasi 1 Jakarta telah berangkat dari Jakarta, Bekasi, dan Karawang dalam periode 19 hingga 28 Desember 2024.

 

Data itu dihimpun dari sejumlah stasiun Esensial, termasuk Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Jakarta Kota, Cikampek, Jatinegara, Karawang, dan Cikarang.

 

Selain itu, Terdapat 325.621 penumpang yang datang ke berbagai stasiun di Area Daop 1 Jakarta. Secara keseluruhan, jumlah penumpang yang keluar-masuk melalui stasiun-stasiun di Area Daop 1 Jakarta mencapai 717.189 penumpang selama 10 hari terakhir masa Nataru 2024/2025.

Cek Artikel:  Munaslub Akindo Pilih Pengurus Baru, Bulog Minta Sinergi Demi Ketahanan Pangan

 

“Kota-kota dengan tujuan wisata Terkenal kini mulai ramai dikunjungi penumpang kereta api. Misalnya, Daerah Operasi 6 Yogyakarta telah menyambut 266.112 penumpang hingga 27 Desember malam. Daop 4 Semarang mencatat kedatangan 202.383 penumpang, disusul Daop 8 Surabaya dengan 186.792 penumpang di periode yang sama,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip dari siaran pers, Sabtu, 28 Desember 2024.
 


Ilustrasi penumpang KAI. Foto: Berkas KAI

 

Peningkatan jumlah penumpang

 

Anne juga menambahkan liburan akhir tahun kali ini menunjukkan tren peningkatan jumlah penumpang.

 

“Banyak masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan, berkat keunggulannya yang Terjamin, nyaman, dan Cocok waktu,” Jernih Anne.

Cek Artikel:  Kementerian Kelautan dan Perikanan Ekspor Pasir Laut tak Ganggu Batas Kawasan

 

Buat memeriahkan momen liburan, KAI telah menghadirkan berbagai Ciptaan. Penumpang dapat merasakan suasana berbeda di stasiun dan kereta api yang dihiasi ornamen Natal dan Tahun Baru.

 

Kehadiran patung Sinterklas raksasa di Stasiun Yogyakarta, kado terbesar di Stasiun Purwokerto, serta pohon Natal tertinggi di Stasiun Surabaya menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

 

Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan, KAI juga mengedepankan efisiensi Kekuatan dan pengurangan penggunaan plastik serta kertas. Ciptaan seperti penyediaan water station di stasiun, teknologi face recognition Buat mempermudah proses keberangkatan, serta wooden cutlery dalam layanan makan di atas kereta.

 

Selain itu, pada 23 Desember 2024, KAI meluncurkan fitur Carbon Footprint di aplikasi Access by KAI Buat mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya transportasi ramah lingkungan.

Cek Artikel:  Cukai Minuman Berpemanis Dalam Kemasan Perlu Segera Diberlakukan

 

“KAI selalu berupaya menghadirkan pengalaman perjalanan yang tak hanya nyaman tetapi juga berkesan. Mulai dari fasilitas di stasiun hingga layanan selama perjalanan, kami memastikan pelanggan dapat menikmati libur akhir tahun dengan penuh kenyamanan,” tutur Anne.

 

Dengan semangat Buat Maju berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan, KAI mengajak masyarakat menjadikan kereta api sebagai pilihan Esensial dalam perjalanan.

 

“Sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan dan andal, setiap perjalanan Serempak KAI adalah bagian dari cerita indah yang tentunya akan selalu dikenang,” ujar Anne.

Mungkin Anda Menyukai