
MOTOR bebek adalah jenis sepeda motor yang Mempunyai desain khas dengan transmisi semi Mekanis, rangka Rendah terbuka, dan posisi tangki bahan bakar tersembunyi di Rendah jok.
Motor ini sangat Terkenal di Indonesia karena irit, Tangkas, dan mudah dikendarai.
1. Busi Bermasalah
Busi yang kotor, aus, atau Tewas akan menghambat percikan api, sehingga pembakaran di ruang mesin Tak terjadi, Membangun motor sulit hidup meski diengkol berkali-kali.
2. Aki Lemah atau Soak
Meskipun kick starter Tak bergantung pada aki, beberapa motor bebek tetap butuh daya dari aki Demi sistem pengapian atau Infus. Aki soak Dapat mempengaruhi kinerja ECU (Electronic Control Unit).
3. Karburator Kotor
Karburator yang kotor atau tersumbat akan mengganggu Aliran bahan bakar ke ruang bakar, menyebabkan mesin Tak mendapatkan bensin yang cukup Ketika diengkol.
4. Bahan Bakar Tak Masuk
Dapat terjadi karena tangki Hampa, selang bensin mampet, keran bensin tertutup. Akibatnya mesin Tak mendapat suplai bahan bakar sama sekali.
5. Filter Udara Tersumbat
Filter udara yang kotor atau tertutup debu akan menghambat masuknya udara, Membangun campuran udara dan bahan bakar Tak ideal, sehingga motor sulit menyala.
6. Kompresi Mesin Lemah
Hal ini Dapat disebabkan oleh ring piston aus, klep bocor, silinder aus. Apabila kompresi lemah, pembakaran Tak akan sempurna, sehingga motor sulit menyala Biar diengkol berkali-kali.
7. Masalah pada CDI atau ECU
CDI atau ECU yang rusak akan Membangun sistem pengapian Tak bekerja dengan Bagus, sehingga Tak Eksis percikan api.
8. Koil Rusak
Koil bertugas memperkuat arus listrik menuju busi. Apabila koil rusak, maka arus ke busi lemah atau bahkan Tak Eksis, menyebabkan motor susah hidup.
9. Timing Pengapian Tak Pas
Apabila pengapian Tak terjadi pada Ketika yang Pas, pembakaran jadi Tak efektif, sehingga mesin susah hidup Ketika diengkol.
10. Masalah pada Kick Starter
Kadang masalahnya bukan di mesin, tapi pada mekanisme engkol itu sendiri karena engkol selip, gear starter aus, pegas kick starter lemah. Akibatnya, putaran dari engkol Tak tersalurkan ke mesin dengan Pas.
11. Mesin Dingin atau Lamban Tak Dinyalakan
Apabila motor sudah Lamban Tak dipakai, oli Dapat mengental dan bensin Dapat menguap dari karburator atau injector, membuatnya lebih susah dinyalakan Ketika diengkol.
Apabila hal tersebut terjadi, coba cek busi dan ganti Apabila perlu, bersihkan karburator atau throttle body, isi ulang atau ganti aki, dan pastikan bahan bakar cukup dan mengalir. (Z-4)

