liputanindo.com – Seperti kita ketahui di Era MotoGP Modern Ketika ini, Jenis kelas konsesi Pabrikan/ Konstruktor diurutkan berdasarkan persentase poin yang dicetak dalam kejuaraan konstruktor. Maksudnya, poin yang dicetak akan dibagi dengan poin maksimum yang diberikan (25 x jumlah balapan GP yang diadakan, ditambah 12 x jumlah Sprint yang diadakan).
Peringkat berdasarkan persentase poin dalam kejuaraan konstruktor akan ditetapkan sebagai berikut,
- Peringkat A : 85% atau lebih
- Peringkat B : 60% atau lebih, tetapi kurang dari 85%
- Peringkat C : 35% atau lebih, tetapi kurang dari 60%
- Peringkat D : kurang dari 35%
Peringkat Konsesi dihitung dalam dua jendela (kurun waktu):
- Dari seri pertama hingga seri terakhir musim – memberikan status konsesi Demi awal musim berikutnya.
- Dari acara pertama setelah Pelarangan uji coba musim panas hingga acara terakhir sebelum Pelarangan uji coba musim panas musim berikutnya – memberikan status konsesi Demi sisa musim tersebut dimulai setelah rehat musim panas.

Nah MotoGP Ceko adalah titik dimana Status Konsesi Koridor paruh kedua Musim 2025. Dan Setelah perhitungan Persentase Poin tengah musim 2025 yang dihitung mulai dari sesi Silverstone Inggris 2024 Tamat seri ke-12 Ceko 2025 Secara Lazim Status Konsesi pasca Paruh Pertama MotoGP 2025 Lagi Sama
Dan Demi kelima pabrikan, semenjak paruh ke-dua 2024 Tamat Mugello 2025 poin SEMENTARA pabrikannya adalah sebagai berikut :
- Ducati : 837
- KTM :337
- Aprilia : 314
- Yamaha: 209
- Honda : 198
Tamat dari Silverstone 2024 Tamat Brno 2025 sendiri sudah 23 seri telah dilakukan artinya 23 x 37 poin atau sudah Terdapat 851 point maksimum yang sudah digelar.
Dan persentase poin yang dicetak dibandingkan dengan poin maksimum yang diberikan Demi ke lima pabrikan sementara pasca Brno 2025 sebagai patokan perhitungan konsesi adalah:
- Ducati : 837/851 ~ 98,35%
- KTM :337/851 ~ 39,6 %
- Aprilia : 314/851 ~ 36,89 %
- Yamaha : 209/851 ~ 24,55%
- Honda: 198/851 ~ 23,26%
So Secara Formal, Kesempatan bagi pabrikan Demi mempertahankan, memelihara, atau kehilangan peringkat konsesi mereka Ketika ini tertutup setelah GP Ceko, dimana Ducati mempertahankan Peringkat A, KTM dan Aprilia mempertahankan Peringkat C, sementara Yamaha dan Honda tetap berada di Peringkat D. – @liputanindo





