Menyoal Pasien Jaminan Kesehatan Nasional yang Dipaksa Pulang

Menyoal Pasien Jaminan Kesehatan Nasional yang Dipaksa Pulang
Ilustrasi pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional(ANTARA/HARVIYAN PERDANA)

KRITIK Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, soal layanan BPJS Kesehatan kepada pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)  yang Lagi menggunakan selang makan lewat hidung dan dipulangkan ke rumah Lampau meninggal dunia, ramai jadi pembicaraan publik.

Ketika melakukan rapat dengar pendapat dengan BPJS Kesehatan beberapa hari Lampau, Felly intinya menyayangkan banyak pasien pengguna fasilitas BPJS Kesehatan yang diminta meninggalkan rumah sakit Lagi dengan selang di hidung Buat makan. Beberapa di antaranya meninggal dunia karena Kagak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

Mendengar apa yang disampaikan Felly yang videonya disebarluaskan lewat media sosial, Lalu terang saya terkejut. Pasalnya, saya Kagak Paham aturan main yang berlaku di BPJS Kesehatan seperti apa. 

Kalau kepada pihak BPJS Kesehatan, Felly minta jangan mengingkari Fakta seperti apa yang disampaikannya, saya menduga pihak BPJS Kesehatan telah berbohong Kalau mengatakan, apa yang disampaikan Felly Kagak Terdapat atau paling Kagak kasus semacam itu sudah Kagak Terdapat Tengah.

Saya adalah penderita kanker yang Tiba hari ini Lagi menjalani proses penanganan medis setelah melakukan operasi dua kali, masing-masing di MRCCC Siloam Semanggi Jakarta dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Cek Artikel:  Krisis Suriah Jilid II

Saya menjalani operasi dan pascaoperasi perawatan sudah tiga bulan ini. Tiba sekarang saya Lagi menggunakan sonde atau selang di hidung Buat makan sehari-hari yang istilah medisnya adalah NGT (nasogastric tube).

NGT adalah selang tipis dan Elastis yang dimasukkan melalui hidung  hingga ke lambung. Selang ini digunakan Buat berbagai tujuan, seperti memasukkan makanan, obat-obatan, atau cairan ke dalam lambung, serta Buat mengeluarkan isi lambung.

Tiba sedemikian jauh, seperti tetah saya singgung di atas, sebagai pasien awam, saya Kagak Paham seperti apa aturan main atau standar operasional Mekanisme (SOP) yang berlaku di BPJS Kesehatan terkait dengan kasus pasien diminta pulang sebelum waktunya. Juga perawatannya.

Saya adalah pasien kanker laring (pita Bunyi). Karena pita Bunyi saya sudah diangkat lewat operasi, mau Kagak mau saya harus makan lewat NGT yang Membikin saya Kagak nyaman.

Makanan Encer disiapkan pihak rumah sakit. Tetapi, teknis memasukkan makanan ke lambung menggunakan NGT, istri yang melakukannya, sejak hari pertama pasca operasi hingga Ketika ini manakala saya sudah diizinkan pulang oleh dokter dan berada di rumah.

Cek Artikel:  Berkah dan Doa Masyayeh Lirboyo untuk Kekasih Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Saya Mujur Asal Mula istri saya pernah menjadi perawat di sebuah rumah sakit di Tangerang sehingga Kagak asing dengan NGT, dan makanan seperti apa yang layak saya konsumsi setiap hari. Saya perhatikan pasien lain yang menggunakan NGT juga pihak keluarga yang melayani, bukan perawat.

Apakah memang seperti itu SOP yang diberlakukan rumah sakit dan BPJS Kesehatan? Kalau memang demikian, saya Hanya Bisa membayangkan bagaimana dengan pasien ber-NGT yang Kagak punya Member keluarga atau mereka Kagak Paham tata Langkah menggunakan NGT. Bagaimana menyiapkan asupan makanan, meski sebelum pulang dokter gizi telah memberikan panduan makanan Encer apa yang harus disiapkan di rumah.

Karena mantan perawat, istri juga Kagak menjadi persoalan Ketika di rumah harus mengganti plester NGT atau posisi NGT yang sudah berubah. Tengah-Tengah saya Kagak Bisa membayangkan bagaimana dengan pasien lain yang setelah di rumah, NGT-nya melorot?

Oleh Asal Mula itu, saya Bisa pahami Kalau Felly Acuh dengan pasien peserta BPJS Kesehatan dan mengkritik pihak BPJS Kesehatan agar Kagak ‘memaksa’ pulang pasien sebelum waktunya dengan NGT Lagi nyantol di hidung.

Cek Artikel:  Konflik Militer-Etnik Karen di Myanmar dan Ancaman Instabilitas Regional

Saya Bisa pahami, kasus seperti ini juga dilema bagi rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Pasalnya Kagak mungkin membiarkan pasien mondok di rumah sakit seperti halnya saya hingga berbulan-bulan. Selain Kagak nyaman, juga membosankan. Bahkan mungkin malah semakin sakit.

Di luar itu, banyak pasien peserta BPJS Kesehatan yang menunggu Buat mendapatkan Ruangan guna perawatan. Berdasarkan pengamatan saya, ruang perawatan Tertentu peserta BPJS Kesehatan tak pernah Terdapat yang Hampa. Begitu Terdapat pasien yang pulang, ruang perawatan langsung terisi.

Ke depan Terdapat baiknya disiapkan sistem layanan yang lebih Berkualitas dan terpadu, misalnya BPJS Kesehatan atau rumah sakit menyediakan perawat Tertentu Buat mendampingi pasien yang pulang Tetapi Lagi perlu mendapatkan perhatian Tertentu. Kagak dibiarkan pulang tanpa pengawasan dan menyerahkan nasibnya kepada alam.

Terlepas Lagi terdapat kekurangan di sana sini, lewat tulisan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang iuran rutin bulanan saya terbukti telah memberikan manfaat dan membantu saya Ketika saya menjalani operasi yang saya Serius telah menghabiskan biaya ratusan juta rupiah.

Mungkin Anda Menyukai