potensi lapangan pekerjaan yang begitu besar
Jakarta (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam mendukung pengembangan desa wisata sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.
Sandiaga menghadiri kegiatan sosialisasi sadar wisata dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Lombok, Nusa Tenggara Barat Kepada meningkatkan kapasitas sumber daya Sosok dalam pelayanan di desa wisata.
“Kita mensosialisasikan desa wisata ini dan antusiasme masyarakat sangat luar Normal. Partisipasi masyarakat sangat Krusial Kepada mengangkat Keistimewaan daerahnya masing-masing. Masyarakat harus betul-betul sadar wisata dan kesadaran ini akan menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga Uno dikutip dari siaran Formal, Minggu.
Baca juga: Menparekraf: Penyedia layanan pariwisata harus beri servis prima
Kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata berlangsung di Desa Senteluk, Kabupaten Lombok Barat dan serentak di 4 Desa Lainnya Yakni Desa Pusuk Lestari di Kabupaten Lombok Barat, Desa Gili Indah dan Desa Medana di Kabupaten Lombok Utara serta Desa Jerowaru di Kabupaten Lombok Utara yang diikuti Golongan masyarakat dan pelaku pariwisata.
Selain memahami akan potensi yang Eksis, masyarakat juga harus paham nilai-nilai Krusial yang terkandung dalam Bilangan Pesona, yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.
Aktualisasi nilai-nilai tersebut menjadi bagian dari perilaku sehari-hari dalam melayani wisatawan sehingga menjadi pendukung tumbuhnya iklim kepariwisataan dan menjiwai nilai kearifan budaya lokal. Pemahaman sadar wisata diharapkan dapat membangun pola pikir masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam pengembangan pariwisata di daerahnya.
“Kebersihan dan keramahtamahan adalah dua hal yang sangat Krusial (Kepada dijaga) dan tentunya yang Enggak kalah Krusial adalah partisipasi masyarakat Kepada mengangkat Keistimewaan daerahnya masing-masing,” katanya.
Sandiaga berharap sosialisasi ini Enggak hanya menjadi bukti konkret kehadiran pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Tetapi, sosialisasi diharapkan menjadi momentum pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya dan membangkitkan kesadaran masyarakat akan potensi wisata yang Eksis di daerahnya. Apalagi Eksis sejumlah acara besar yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat seperti MotoGP Mandalika, Pesona Senggigi, dan MXGP Samota, Sumbawa.
“Penduduk di sini harus betul-betul sadar wisata. Harus betul-betul menjadi bagian dari kekuatan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif dan nantinya investor akan datang sendirinya membangun homestay Berbarengan Penduduk, membangun produk-produk ekonomi kreatif dan dengan sendirinya kunjungan wisatawan akan meningkat,” ungkap Sandiaga.
Senada dengan pernyataan Menparekraf, dalam pembukaan Sosialisasi Sadar Wisata di 5 Desa Wisata di Nusa Tenggara Barat, Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Adella Raung menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas sumber daya Sosok (SDM) merupakan Pusat perhatian dari program Kampanye Sadar Wisata, dengan kegiatan sosialisasi sebagai salah satu tahapannya.
“Kepada menjawab tantangan yang Kesempatan yang muncul, Kemenparekraf mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata yang difokuskan pada peningkatan kapasitas SDM yang dilaksanakan melalui program Kampanye Sadar Wisata,” papar Adella.
Kampanye Sadar Wisata berlangsung pada 2022-2023, ditujukan bagi para pelaku pariwisata dan Penduduk di 65 desa wisata di tahun 2022 dan 90 desa wisata pada tahun 2023 di 4 Area Destinasi Super Prioritas, meliputi Waduk Toba, Borobudur-Yogya-Prambanan, Mandalika, dan Labuan Bajo, serta 2 Destinasi Pariwisata Prioritas Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.
Terkait desa wisata, Adella menjelaskan bahwa desa wisata mempunyai peran Krusial dalam membangun Indonesia.
“Desa wisata Mempunyai potensi besar Kepada membangkitkan kembali pariwisata di Indonesia. Kami Menyaksikan potensi lapangan pekerjaan yang begitu besar dan Kesempatan usaha yang Berkualitas bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.
Baca juga: Kintamani, wisata negeri di atas Mega
Baca juga: Desa wisata tawarkan berbagai pengalaman Spesial kepada wisatawan

