KCIC Pastikan Transaksi Keuangan Mengenakan Bank dalam Negeri

Liputanindo.id JAKARTA – PT Kereta Segera Indonesia China (KCIC) memastikan bahwa transaksi keuangan terkait berbagai aktifitas di manajemen Kereta Segera dilakukan di Indonesia serta telah berkolaborasi dengan bank dalam Negeri.

Hal itu dikatakan General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjawab informasi yang beredar bahwa Aliran transaksi Kereta Segera di kuasai oleh Bank China.

Perlu dipahami bahwa Kereta Segera Whoosh merupakan Kereta Segera pertama di Indonesia dan Asia Tenggara hasil kolaborasi antara dua negara Ialah Indonesia dan Tiongkok. Dalam pelaksanaannya, China Development Bank (CDB) sebagai kreditor yang mendanai proyek Kereta Segera Whoosh.

Pada prosesnya Demi memastikan kelancaran transaksi, KCIC dan CDB bekerja sama dengan beberapa bank yang beroperasi penuh di Indonesia di Dasar pengawasan Bank Indonesia dan OJK dan Mempunyai jaringan Global, salah satunya BNI.

Cek Artikel:  IKN Jadi Pendorong Realisasi Investasi di Kalimantan Timur

Bank BNI adalah Bank Nasional yang menjadi Kawan KCIC Demi transaksi perseroan termasuk payroll pegawai, pembiayaan dan pembayaran tagihan kepada pihak ketiga.

“Transaksional bisnis KCIC sebagian besar tetap dilakukan di dalam negeri, sehingga perputaran Biaya diharapkan tetap memberikan benefit yang optimal bagi perekonomian nasional,” kata Eva Chairunisa, Sabtu (25/11/2023).

Selain itu, KCIC juga Maju berkolaborasi dengan perbankan nasional ( HIMBARA dan Swasta ) dalam hal pemesanan dan pembayaran transaksi ticketing kereta Segera WHOOSH. Terutama dengan Bank Independen, BNI, BRI dan BCA.

Adapun kolaborasi yang sudah berjalan diantaranya melalui penyediaan layanan pemesanan tiket di aplikasi Livin by Independen, BRImo.

Pembayaran pemesanan tiket kereta Segera WHOOSH dapat dilakukan melalui seluruh bank di Indonesia, dan penggunaan EDC serta QRIS Demi pembayaran tiket di merchant, mesin pembelian tiket , maupun loket stasiun. 

Cek Artikel:  Tergilas Dolar AS, Rupiah Kembali Tersungkur

KCIC juga bekerjasama dengan Penyedia Layanan Payment Gateway Nasional diantaranya : Doku, Finnet dan Xendit, Demi meningkatkan kenyamanan pelanggan.

KCIC juga telah menyediakan ATM BNI di Kantor KCIC Halim dan yang terbaru ATM BRI di Stasiun Kereta Segera Halim, Stasiun Kereta Segera Tegalluar dan Kantor KCIC Halim. Hadirnya layanan ini bertujuan Demi mempermudah penumpang maupun masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan Ketika akan berangkat maupun tiba di Stasiun Kereta Segera dan Kantor KCIC. 

“Kolaborasi dengan berbagai lembaga keuangan perbankan juga Maju diperluas. Komunikasi dan penjajakan dengan lembaga perbankan dan pihak lainnya Maju dilakukan agar pelayanan kepada publik dan penumpang dan menjadi lebih optimal,” tutup Eva. (DID)

Cek Artikel:  Semen Indonesia Masuk Top 10 Besar Perusahaan Terpercaya Sedunia

Mungkin Anda Menyukai