Aplikasi Satusehat Mobile Sulit Diakses Begini Metode Mengatasinya

Aplikasi Satusehat Mobile Sulit Diakses? Begini Cara Mengatasinya
Aplikasi satusehat.(Dok. MI)

MASYARAKAT Tetap mengeluhkan kesulitan mengakses aplikasi kesehatan masyarakat Satusehat Mobile Punya Kementerian Kesehatan RI di ponsel. Beberapa keluhan yang sering muncul meliputi kendala Pengecekan Demi aktivasi akun hingga kegagalan mengunduh sertifikat vaksinasi.

Menanggapi kesulitan itu, Staf Spesialis bidang Teknologi Kesehatan Setiaji menyarankan masyarakat Demi memastikan aplikasi Sastusehat Mobile yang digunakan sudah diperbarui ke versi terbaru. Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Satusehat Mobile melalui tautan berikut.

Android https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare&hl=id

iOS https://apps.apple.com/us/app/satusehat-mobile/id1504600374

Pada versi terbaru, terdapat pembaruan fitur-fitur dan fungsi aplikasi yang makin meningkatkan kenyamanan penggunanya.

“Sebelum menggunakan Satusehat Mobile, pastikan sudah mengunduh versi terbaru dari Satusehat Mobile di Play Store atau App Store masing-masing,” kata Setiaji dalam keterangan Formal, Sabtu (25/1).

Cek Artikel:  Rekomendasi Harga Rp3 Jutaan yang Pandai Masuk Pertimbangan Engkau

“Bagi masyarakat yang mengalami e-mail Pengecekan Kagak masuk berkali-kali ketika hendak registrasi akun Satusehat Mobile, disarankan Demi mengecek folder Spam. Kalau Kagak ditemukan di dalam folder Spam, maka daftar dengan e-mail lain yang dimiliki,” jelasnya.

Menurutnya, Eksis beberapa kemungkinan mengapa seseorang Kagak dapat mendaftarkan akun.

1. Data Nama, NIK, dan Rontok Lahir Anda Kagak sesuai dengan data KTP dan/atau Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Kalau Eksis ketidaksesuaian, Anda dapat mengunjungi dan memperbarui data Anda ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) pada domisili atau alamat asal Anda.

2. Nomor telepon dan/atau e-mail Anda sudah pernah terdaftar di SATUSEHAT Mobile. Kalau nomor telepon atau e-mail Anda sudah digunakan, silakan gunakan nomor telepon dan/atau email lain yang sesuai.

Cek Artikel:  Mejeng di Situs TKDN, Huawei Mate X6 Bakal segera Hadir Di Indonesia

3. NIK Anda sudah pernah terdaftar di SATUSEHAT Mobile. Apabila NIK Anda sudah digunakan Demi registrasi, silakan login menggunakan e-mail atau nomor telepon yang sebelumnya didaftarkan dengan NIK tersebut.

Kalau Kagak mengetahui e-mail atau nomor telepon terdaftar, masyarakat dapat melapor ke e-mail [email protected] atau mengisi formulir aduan melalui https://satusehat.kemkes.go.id/mobile/contact-us (pilih kategori aduan “Akun”).

“Dalam laporan itu, Harap Demi menyebutkan data nomor telepon terdaftar dan nomor telepon baru, serta keperluan pembaruan. Selain itu, Anda wajib melampirkan bukti valid berupa foto diri dengan kartu identitas yang sesuai dengan akun Satusehat Mobile,” kata Setiaji.

Cek Artikel:  BepiColombo Selesaikan Lintasan Keenam di Merkurius Menguak Rahasia Planet Terkecil

Selanjutnya, apabila masyarakat gagal mengunduh sertifikat vaksinasi, Setiaji yang juga Chief of Technology Transformation Office (TTO) menjelaskan beberapa hal Demi mengatasi kendala tersebut.

“Pertama, apakah Eksis error message yang ditampilkan? Kalau iya, apakah sudah pernah lapor ke hubungi kami? Kedua, Kalau Kagak Eksis error message yang ditampilkan, apakah user sudah cek pada folder download di ponsel masing-masing?” jelasnya.

Kemudian, Frequently Asked Question (FAQ) Demi kendala akun lainnya, pengguna dapat mengakses informasi ke tautan https://satusehat.kemkes.go.id/mobile/faq/topic?categoryId=66a03477-fecd-4a34-a181-e8c0bf580beb. (Z-9)

 

Mungkin Anda Menyukai