liputanindo.com – Akhirnnya Yamaha Secara terbuka Merilis secara Formal All new Yamaha MT-09 MY2021. liputanindo sebut All-New karena memang banyak sekali keterbaruan yang hadir di Super NakedBike Yamaha ini. Banyak yang bertanya, Koq headlamp depannya Berubah Drastis dari Jenis Belalang Sembah ke Model yang menggunakan Single LED-Projector ? Kalau menurut liputanindo, Yamaha sepertinya edang ‘merapikan’ Corporate Design dari Portofolio Produk MT series Mereka , ‘mewakili arah masa depan desain MT’ dimana kedepan MT series Sekalian menggunakan headlamp batok tinggi dengan single LED projector, satu garis desain dengan yang dipakai di MT125, MT15, MT25 dan Kemungkinan ke depan MT10 dan MT07 . . Lampu depan baru ini mungkin bukan aspek tercantik dari 2021 MT-09 tetapi ini adalah unit LED yang ringan dan ringkas .
‘Menurunkan bobot dan menambah tenaga’ mungkin sesuatu yang klise, tetapi itu adalah resep yang Tak Terdapat duanya saatkita mencoba meningkatkan kualitas Performa dari sebuah sepeda motor. Hal ini sebenarnya merupakan kombinasi yang sulit dicapai oleh produsen motor 2021, Karena dengan aturan emisi Euro 5 baru yang ketat yang memaksa konverter katalitik yang lebih besar dan mesin yang di detuned, Jernih Bobot akan nambah . . . tetapi Yamaha telah memenuhi Sekalian kebutuhan dengan desain ulang secara menyeluruh sosok Yamaha MT-09.
Mesin yang dipakai di New MT09 Tetap mesin CP3 yang artinya Mempunyai pola firing order Corssplane Crank, Tetapi sudah berkembang sebagai respons terhadap aturan Euro 5. Ditambah 42cc yang dicapai dengan peningkatan bore – meningkatkan kapasitas mesin naik dari 847cc menjadi 889cc. Selain menambahkan 4PS Kepada Power maksimum pada 119PS pada 10.000rpm dibandingkan dengan 115PS pada putaran yang sama Kepada model Pelan, mesin yang lebih besar meningkatkan torsi dari 87.5Nm (64.5lbft) menjadi 93Nm ( 68.6lbft) dan lebih signifikan mencapai puncaknya Kitiran mesin 1.500rpm lebih rendah yakni pada 7000rpm.
Mesin tiga silinder MT09 MY2021 mendapat intake baru, sistem Infus bahan bakar yang didesain ulang dan knalpot yang Pas-Pas baru, serta camshaft, piston, rod, dan crankcase baru. Secara keseluruhan, meski kapasitasnya meningkat, bobotnya Dapat lebih ringan 1,7kg dari sebelumnya, dengan mayoritas penghematan (1,4kg) berasal dari knalpot. Sensor throttle baru yang dipasang di twistgrip mengoperasikan kupu-kupu ride-by-wire Kepada memberikan rasa dan respons yang lebih Bagus dibandingkan dengan desain yang dioperasikan Kabel baja pada Model Pelan.
Dengan torsi yang lebih banyak, Yamaha telah Bisa Meningkatkan rasio gigi 1 dan 2, Membangun rasio keseluruhan menjadi lebih dekat. Kalau motor Pelan sudah Mempunyai quickshifter Kepada upshift, Maka MT09 yang baru menambahkan fungsi downshift, didukung oleh Sokongan Assist & Slipper Clutch
Sasis All new MT09 MY2021 Pas-Pas baru. Ini adalah desain cast-alloy, seperti sebelumnya, tetapi dirancang agar lebih sporty dan lebih ringan dengan mengadopsi model ‘Deltabox’ alih-alih model ‘Diamond’ pada MT09 sebelumnya. Kekakuan lateral ditingkatkan 50% dibandingkan model sebelumnya, sedangkan campuran kekakuan longitudinal dan torsi ‘disempurnakan’ dengan desain baru. Sasis juga lebih kompak, Membangun ukuran keseluruhan lebih kecil, dan garpu lebih pendek dengan kepala kemudi turun 30mm Kepada memberi bobot lebih mengarah pada roda depan. Sasisnya lebih ringan 2,3kg dari sebelumnya, dengan subframe die-cast baru – menggantikan desain tabung baja pada subframe MT09 Pelan – menghasilkan penghematan 1,5kg. Lengan ayun yang Pas-Pas baru, Kembali-Kembali terbuat dari cast alumunium, menghemat bobot sebanyak 250g
Bahkan rodanya ikut andil dalam menurunkan bobot keseluruhan. Teknologi ‘spin-forging’ baru, yang menggunakan velg cor, memanaskan dan memutarnya Begitu menggunakan roller bertekanan tinggi Kepada mengurangi ketebalan pelek (sekarang hanya setebal 2mm) berarti lebih ringan 700g dari yang rancanangan Velg Pelan.
Fork suspensi depan USD KYB 41 mm – dapat disesuaikan Kepada preload, kompresi, dan rebound – dipadukan dengan shock belakang yang serasi dan dapat diseting. Secara keseluruhan, Model 2021 MT-09 hadir dengan bobot 189kg yang siap dikendarai, termasuk tangki penuh bahan bakar. Beratnya 4kg lebih ringan dari model Pelan.
Di bagian depan elektronik, pengendara disambut oleh dasbor TFT berwarna yang baru yang dapat memberikan kontrol atas tiga mode berkendara serta sejumlah opsi lain, tetapi yang lebih signifikan MT-09 mendapatkan Inertial Measurement unit (IMU) enam sumbu mirip dengan yang digunakan pada superbike R1 tetapi 50% lebih kecil dan 40% lebih ringan. Mengukur gerakan maju dan mundur, sisi ke sisi, atas dan Dasar serta pitch, yaw and roll, IMU hubungkan ke sistem kontrol traksi yang sensitif, kontrol slide, kontrol wheelie dan ABS menikung.
Secara keseluruhan, MT-09 2021 Memang mengahdirkan Motor yang sama sekali BARU dibandingkan Versi tahun sebelumnya. Yamaha mengharapkannya Motor ini Dapat mencapai dealer di eropa pada Maret 2021. Apakah YIMM Juga akan mengupdate varian MT09 terbaru ini tahun depan ?
Taufik of BuitenZorg










