PICF Jadi Wadah untuk Menyalurkan Minat Pelajar di Bidang Musik

PICF Jadi Wadah untuk Menyalurkan Minat Pelajar di Bidang Musik
Acara pembukaan PICF 2024.(DOK BPK PENABUR JAKARTA)

BPK Penabur Jakarta kembali menggelar Penabur International Choir Festival (PICF) 2024. Acara itu digelar pada 7-14 September di Kompleks Penabur International Kelapa Gading, Jakarta.

Kenny Lim, Ketua BPK Penabur Jakarta, mengungkapkan bahwa ajang dua tahunan itu mengajak para pecinta paduan suara dari berbagai belahan dunia untuk bertemu, belajar bersama, sekaligus berkompetisi. 

“PICF menjadi perwujudan komitmen kami untuk menyalurkan dan mewadahi minat bakat siswa dalam bidang nonakademik,” tegas Kenny dalam keterangannya, Senin (9/9).

Baca juga : Dimulai Hari Ini, Berikut Daftar Penampil di Gaia Music Festival: Jazz in The Valley 2024

Terkhusus bagi pelajar yang berpartisipasi dalam kompetisi PICF, ajang ini merupakan wadah mendukung nilai-nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebinekaan Dunia, Gotong Royong, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

Cek Artikel:  Gelaran MTQ Bawa Berkah Bagi UMKM Kaltim

Enhance your well-being through choral singing dipilih menjadi tema gelaran PICF kali ini. “Kami mengusung tema tersebut karena bernyanyi di dalam paduan suara dapat membawa energi positif yang membuat kita jadi sehat secara fisik dan mental. Selain itu, paduan suara juga dapat memberikan dampak positif dari aspek mental hingga sosial,” jelas Avip Priatna, Maksudstic Director & President of the Jury PICF 2024.

PICF 2024 diikuti oleh 5.038 peserta Indonesia terdiri dari 12 provinsi, yaitu Sumatera Utara, Lampung, Banten, Daerah Spesifik Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara, serta peserta mancanegara asal Filipina.

Cek Artikel:  Niat Mandi Wajib setelah Berhubungan, Lengkap dengan Tata Langkah dan Terdapatbnya

Baca juga : Nadhif Basalamah, Fanny Soegi dan Ardhito Pramono akan Kolaborasi di Java Jazz Festival 2024


DOK BPK Penabur Jakarta
Kiri-kanan: Deputi Direktur Pelaksana BPK Penabur Jakarta Etiwati, pengurus BPK PENABUR Jakarta sekaligus Ketua PICF 2024 Purnomo Sigit, Ketua BPK Penabur Jakarta Kenny Lim, Direktur Maksudstic PICF 2024 Avip Priatna, juri dari Norwegia Ragnar Rasmussen.

Terbagi ke dalam 126 tim paduan suara, para peserta akan bertanding ke dalam dua kategori lomba. Pertama, school categories terdiri dari Kindergarten, Primary School, Junior High School, dan Senior High School. Kedua, general categories, yaitu Children’s Choir (9-17 tahun), Mixed Youth Choir level A & B (17-23 tahun), Mixed Choir Level A&B dan Equal Voices (di atas 17 tahun), Folklore, Music of Religion, Pop & Jazz Choir, dan Gospel & Spiritual (tanpa batasan usia), serta Senior Choir (diatas 40 tahun). Selain itu, ada juga kegiatan workshop, master class, dan choral clinic dengan menghadirkan pembicara profesional dari dalam maupun luar negeri. 

Cek Artikel:  5 Bahaya Terlalu Sering Begadang, ini Metode Mengatasinya

PICF 2024 yang didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini menghadirkan juri dari mancanegara, yaitu Ursa Lah dan Ragnar Rasmussen asal Norwegia, Andre Van Der Merwe asal Afrika Selatan, Brada Allred asal Amerika Perkumpulan, serta Darius Lim asal Singapura. (Z-6)

Mungkin Anda Menyukai