Roma Pertimbangkan Restriksi Akses ke Air Mancur Trevi Menjelang Mengertin Jubileum 2025

Roma Pertimbangkan Pembatasan Akses ke Air Mancur Trevi Menjelang Tahun Jubileum 2025
Kota Roma sedang mempertimbangkan pembatasan akses ke Air Mancur Trevi, menjelang Mengertin Jubileum 2025 yang diharapkan akan menarik 32 juta wisatawan dan peziarah. (Anadalu)

ROMA sedang mempertimbangkan membatasi akses ke Air Mancur Trevi, salah satu monumen terpadat di kota tersebut, menjelang tahun yang diperkirakan akan sangat ramai untuk pariwisata di Kota Kekal, kata pejabat dewan kota.

Ibukota Italia ini bersiap untuk menjadi tuan rumah Mengertin Jubileum 2025, sebuah acara Katolik Roma selama setahun yang diperkirakan akan menarik 32 juta wisatawan dan peziarah.

Menurut rencana yang sedang dipertimbangkan, kunjungan ke air mancur tersebut akan memerlukan reservasi sebelumnya, dengan slot waktu yang tetap dan jumlah orang yang dibatasi untuk mengakses anak tangga di sekitarnya.

Baca juga : Dinas Pariwisata Makassar Gempur Promosi di MATTA Fair 2024

“Demi warga Roma, kami berpikir untuk membuatnya gratis, sementara bagi non-penduduk akan diminta untuk memberikan kontribusi simbolis, satu atau dua euro (US$1,10-US$2,20),” kata penasihat pariwisata Roma, Alessandro Onorato, kepada surat kabar Il Messaggero pada Kamis.

Cek Artikel:  Sebelum Berganti Musim, Ini Tiga Lelahsi untuk Menyaksikan Kembang Sakura

Pada Rabu, Walikota Roberto Gualtieri menyebut langkah-langkah untuk membatasi jumlah wisatawan sebagai “kemungkinan yang sangat konkret.”

“Situasi di Air Mancur Trevi menjadi sangat sulit untuk dikelola secara teknis,” kata Gualtieri kepada para wartawan.

Baca juga : Menparekraf Upayakan Penerbangan Global Langsung ke Belitung

Kota-kota lain menghadapi protes terkait masalah yang dibawa oleh apa yang disebut overtourism, termasuk Barcelona dan Venesia, di mana pihak berwenang setempat tahun ini menguji sistem biaya masuk untuk pengunjung.

Air Mancur Trevi, di mana tradisi mengharuskan pengunjung melemparkan koin untuk menjamin kembalinya mereka ke Roma dan memenuhi keinginan mereka, telah lama menjadi daya tarik utama, bahkan untuk para pemimpin dunia yang berkunjung.

Cek Artikel:  Pemerintah Thailand Berencana Promosikan Pariwisata Lewat Gim Daring

Selesai pada 1762, monumen ini adalah karya agung Baroque akhir, dengan patung Triton yang membimbing kereta cangkang dewa Oceanus, menggambarkan tema penjinakan air.

Monumen ini juga dikenal karena salah satu adegan paling terkenal dalam sinema, ketika dalam film Federico Fellini “La Dolce Vita” Anita Ekberg masuk ke air mancur dan memanggil rekan mainnya Marcello Mastroianni untuk bergabung dengannya: “Marcello! Ayo ke sini!” (CNN/Z-3)

Mungkin Anda Menyukai