SIAL Interfood 2024 Mendorong Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Indonesia Melalui Hasil karya dan Kolaborasi Dunia

SIAL Interfood 2024: Mendorong Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Indonesia Melalui Inovasi dan Kolaborasi Global
Gapmmi memproyeksikan pertumbuhan industri makanan dan minuman Indonesia sebesar 5% pada 2024, menggarisbawahi pentingnya sektor ini dalam ekonomi nasional. (GAPMMI)

GABUNGAN Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) memproyeksikan pertumbuhan industri makanan dan minuman (mamin) nasional mencapai 5% pada 2024. Capaian itu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional kuartal III yang tercatat sebesar 4,95%. 

Hal ini menegaskan peran strategis sektor makanan dan minuman sebagai pilar Krusial dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Sejalan dengan tren positif ini, SIAL Interfood 2024 Formal dibuka hari ini di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. 

Sebagai pameran ke-25 yang dikenal sebagai “The Dunia Food Marketplace” atau Salon International de l’Alimentation (SIAL), Pameran ini telah berkembang menjadi salah satu pameran terbesar di Asia Tenggara, menarik perhatian luas dari berbagai kalangan dalam industri makanan dan minuman. 

Pameran yang berlangsung dari 13 – 16 November 2024 ini menampilkan lebih dari 1.200 peserta dari 25 negara dengan 150 pelaku UMKM dan diharapkan Bisa menarik hingga 90.000 pengunjung selama empat hari penyelenggaraannya. Pameran ini digelar bersamaan dengan Seafood Show Asia Expo 2024 dan All Indonesia CoolTech Expo 2024.

Arab Saudi menjadi negara kehormatan atau country of honor pada pameran SIAL Interfood 2024, menegaskan komitmennya Demi memperkenalkan kekayaan Masakan, Hasil karya produk, dan Kesempatan perdagangan yang dimiliki negara tersebut. Partisipasi Arab Saudi dalam pameran ini memberikan kesempatan Demi menampilkan produk unggulan, menarik minat pelaku industri Dunia, serta memperkuat Interaksi dagang Global.

Dalam sambutannya di pembukaan SIAL Interfood 2024, Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D. Salim, mengungkapkan “Kami merasa bangga dapat kembali menghadirkan SIAL Interfood di Indonesia Demi yang ke-25 kalinya. Pameran ini bukan sekadar ajang Demi memamerkan Hasil karya dan tren terkini di industri makanan dan minuman, tetapi juga sebuah platform strategis yang memainkan peran Krusial dalam mendukung ketahanan pangan nasional.”

Cek Artikel:  Harita Nickel Raih Tiga Penghargaan di Good Mining Practice Awards 2024

“Pameran ini memberikan Kesempatan bagi para pelaku industri dari berbagai skala, mulai dari perusahaan lokal hingga multinasional, Demi memperkuat daya saing produk Indonesia di kancah Dunia. Selain mempertemukan produsen, distributor, dan konsumen, SIAL Interfood juga mendorong terbentuknya jaringan bisnis yang solid dan kolaborasi yang lebih erat antar pelaku usaha. Kami percaya, sinergi antara berbagai pihak di industri ini akan berkontribusi besar dalam menjawab tantangan ketahanan pangan dan kebutuhan pasar yang Lanjut berkembang,” Terang Daud D. Salim.

Dengan demikian, SIAL Interfood 2024 diharapkan Bisa memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia, mengukuhkan posisinya sebagai pameran yang Bukan hanya bergengsi tetapi juga relevan dalam merespons perkembangan dan kebutuhan Dunia. 

Variasi program istimewa akan dihadirkan di SIAL Interfood 2024, termasuk kompetisi Roasting dari SIROC yang menggugah semangat para penggemar kopi serta Workshop Gelato Spesial yang dipandu oleh Espresso Italia. Salah satu daya tarik Penting adalah Business Matching yang merupakan program unggulan yang dirancang Demi memfasilitasi pertemuan antara produsen, distributor, dan pembeli Global. 

Cek Artikel:  Berbondong-bondong Masyarakat Kelas Menengah Menuju Kemiskinan

Program ini memberikan kesempatan bagi para pelaku industri Demi terlibat dalam Obrolan mendalam, menjalin koneksi strategis, dan menegosiasikan kerja sama bisnis baru. Dengan menghadirkan peserta dari local maupun Global, acara ini menjadi platform efektif Demi memperluas jangkauan pasar dan memperkenalkan produk lokal ke kancah Dunia. 

Pengunjung juga dapat menikmati Indonesia Coffee Art Battle, perayaan ekosistem kopi yang melibatkan petani hingga pengusaha dengan menampilkan keahlian para barista terbaik. Seminar ICAB bertema “Mixology dan Manual Brew Open Service” menambah keberagaman program, sementara kompetisi Matang La Cuisine dengan Dekat 1.000 peserta dari berbagai negara menampilkan Hasil karya Masakan oleh chef profesional  Global.

Tak ketinggalan, berbagai talkshow yang informatif juga turut memperkaya acara, seperti Talkshow dari Asosiasi Teh Indonesia (ATI) dengan tema Tea for All Generations dan Obrolan dari ASTRULI berjudul Seize International Market Opportunities. Selain itu, Perhimpunan Group Discussion (FGD) oleh ASTRULI akan mengulas Policy Support and Facilitation of the Down-Streaming of Indonesian Seaweed. 

Sebuah konferensi Krusial oleh APRINDO bertopik Ketahanan Pangan di Indonesia melalui Pertumbuhan Ekonomi dan Ritel Modern juga dijadwalkan, disertai seminar dari ARPI yang mengangkat tema Modern Cold Chain Warehouse. Lagi banyak program menarik lainnya yang siap memeriahkan pameran dan memberikan wawasan berharga bagi seluruh peserta.

Kesuksesan SIAL Interfood 2024 Bukan terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Indonesia melalui berbagai Kementerian, dinas dan asosiasi terkait, yang Lanjut berperan aktif dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri makanan dan minuman di Tanah Air, seperti Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Timur & Jakarta, Badan Pangan Nasional (BAPANAS) dan Badan Urusan Logistik (BULOG), China Chamber of Commerce of Import & Export of Foodstuffs, Native Produce & Animal By-Products (CFNA), Berbarengan dukungan berbagai asosiasi terkemuka seperti Gabungan Produsen Makanan Minuman (GAPMMI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Association of Culinary Professionals (ACP), Asosiasi Pengusaha Pengolahan Dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Dewan Teh Indonesia (DTI), Asosiasi Artisan Teh Indonesia (Maksud), Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI), Asosiasi Artisan Teh Indonesia (Maksud), Asosiasi Pengusaha Jasa Masakan Indonesia (APJI), Federasi Pengemasan Indonesia (IPF), Persatuan Perusahaan Jasa Masakan Indonesia (PPJI), Ikatan Spesialis Masakan Indonesia (IKABOGA), Asosiasi Pengusaha Kafe & Restoran Indonesia (APKRINDO), Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ASTRULI), Dewan Kopi Indonesia (Dekopi).

Cek Artikel:  Emiten Pizza Hut Rugi Rp38.95 M, Imbas Boikot Israel?

Jangan lewatkan Kesempatan istimewa Demi berkunjung ke SIAL Interfood 2024! Daftarkan diri Anda sekarang melalui link https://register.kristaonline.com/visitor/sialinterfood dengan biaya hanya Rp200.000. Temukan berbagai Hasil karya terkini dalam industri makanan dan minuman, saksikan kompetisi memasak yang penuh aksi, dan nikmati Hasil karya Masakan khas dari berbagai belahan dunia. Pastikan kehadiran Anda Demi mendapatkan wawasan baru dan memperkuat jaringan bisnis di sektor makanan dan minuman dan Jadilah bagian dari Pameran SIAL Interfood ini dan rasakan pengalaman profesional yang akan memperluas wawasan Anda serta membuka Kesempatan baru dalam industri makanan dan minuman! (RO/Z-3)

 

Mungkin Anda Menyukai