Variasi Teknik dalam Busana Sasi Sejauh Mata Menyantap

Beragam Teknik dalam Busana Sasi Sejauh Mata Memandang
Koleksi teranyar Sejauh Mata Menyantap, Sasi.(Dok: Sejauh Mata Menyantap)

JENAMA tekstil slow fashion Sejauh Mata Menyantap (SMM) menampilkan koleksi busana bertajuk Sasi di hari ke-6 Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW), Kamis (7/3).

Kata Sasi diambil oleh sang pendiri dan desainer SMM Chitra Subyakto dari bahasa Sansekerta yang berarti bulan (penanggalan), penanda waktu yang digunakan dalam kalender. Tajuk ini diambil sebagai pengingat akan waktu kita yang terbatas dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya, pun merujuk pada bulan Ramadan yang melambangkan harapan serta makna baik dan khusus untuk banyak orang.

Kepada koleksi kali ini, Chitra menerapkan berbagai teknik busana, mulai dari teknik patchwork dengan memanfaatkan embali (upcycle) kain perca sisa produksi (limbah tekstil pra-konsumsi) dan mengubahnya menjadi produk baru. Kemudian ada teknik bordir dan bordir kerancang pada bahan tulle, linen serta katun yang dihias motif-motof khas SMM. Eksis juga teknik batik cap pada kain Tencel Lyocell, katun primisima serta katun voile.

Cek Artikel:  Musikus asal Jepang Seka Yama Terkesan dengan Tenun Ikat NTT

Baca juga : Eksis Apa Saja Sih di Pameran Kedai Kita?

Terakhir, teknik tenun jacquard pada kain berbahan campuran Tencel lyocell dan katun berwarna putih yang menghasilkan motif samar-samar maskot ayam.

Pada presentasi kali ini, SMM menampilkan 17 looks yang terdiri dari ragam selendang yang dipadupadankan dengan berbagai potongan busana SMM, sementara motif-motifnya yang khas bernuansa warna hijau, terracotta, dan putih ditonjolkan dengan detail kerancang.

Salah satunya setelan busana yang dipenuhi detail motif yang menawan. Mulai dari potongan crop top, celana longgar, hingga selendang dengan motif kotak, floral, titik berwarna putih yang cocok dipadukan dengan warna kain oranye.

“Saya menemukan inspirasi untuk koleksi ini dari ibu saya yang sering mengenakan pakaian tradisional seperti kebaya, kemudian dipadukan dengan selendang untuk menyempurnakan penampilannya,” kata Chitra Subyakto, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Media Indonesia, Jumat (8/3).

Cek Artikel:  Eni Joe Promosikan Kain Betawi di Singapura Serempak Highend

Sasi dijual secara eksklusif mulai 7 Maret 2024 dan dapat dibeli di Warung Pop-up Sejauh Mata Menyantap di Plaza Indonesia, Dasar Basement dan pada webstore www.sejauh.com.(M-3)

Mungkin Anda Menyukai