DALAM rangka meningkatkan mutu layanan logistik dan hinterland bagi para pengguna jasa, PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”) sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo mengundang para pengguna jasa melalui kegiatan SPSL Customer Hearing Mengertin 2024.
Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh SPSL sebagai apresiasi kepada para key customers sekaligus berdiskusi untuk berbagai masukan, saran, bahkan menerima keluhan dari para pengguna jasa.
Baca juga : Indonesia Lakukan Kerja Sama Logistik dengan Thailand, Malaysia, Vietnam, dan India
Direktur Komersial dan Teknik SPSL, Ruri I. Rachmaputri menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kepercayaan seluruh pengguna jasa yang telah setia memilih SPSL Group sebagai mitra logistiknya. Ia menjelaskan ada customer sudah bermitra dengan SPSL Group lebih dari 10 tahun.
“Program SPSL Customer Hearing Mengertin 2024 merupakan wujud komitmen perusahaan untuk pelayanan yang lebih baik, serta meningkatkan customer experience dalam berinteraksi dengan SPSL Group. Melalui program ini, kami bisa mengetahui langsung kebutuhan, saran, dan keluhan para pengguna jasa guna meningkatkan kualitas pelayanan ke depan. Kami menyadari bahwa pengguna jasa adalah mitra sekaligus konsultan terbaik bagi SPSL dan Pelindo Group dalam meningkatkan dan mengembangkan layanan,” ujar Ruri dikutip Kamis (29/8) dalam keterangannya.
Ruri menjelaskan, SPSL Customer Hearing 2024 tersebut dilaksanakan dengan melibatkan para pengguna jasa SPSL berikut anak perusahaannya. Upaya tersebut menjadi bagian dari proses evaluasi pelayanan perusahaan. Sekalian umpan balik dari pengguna jasa akan dievaluasi secara menyeluruh untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh SPSL.
Baca juga : Lakukan Efisiensi Operasional, Pelindo Solusi Logistik Raih Sertifikasi ISO Series
“Masukan dan keluhan dari para pengguna jasa akan dijadikan dasar untuk program peningkatan layanan kepada customer kami yang kemudian diintegrasikan dalam rencana kerja perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan pelayanan yang unggul untuk memastikan kepuasan para pengguna jasa,” ucap Ruri.
Pada kesempatan customer hearing tersebut, para pengguna jasa menyampaikan saran dan pendapat untuk perbaikan layanan ke depan.
Salah satunya disampaikan oleh Maftuh dari PT Nustrans Anugerah Makmur (Saraswanti) yang mengapresiasi kinerja SPSL Group. “Kerjasama antara PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) sebagai SPSL Group dengan perusahaan kami sudah berjalan, para personil di lapangan sangat helpful, dan ketika terdapat kendala, pihak PT MTI sangat proaktif untuk membantu,” ujar Maftuh.
Baca juga : Kembangkan Sistem yang Terintegrasi dan Efisien, ILCS Berbarengan PSL Hadirkan Portal Hinterland Logistik
Sementara itu, Zainal dari PT Indo Container Lines menyatakan bahwa pelayanan operasional SPSL Group sudah baik, kendati demikian ia mengharapkan kedepannya terus ada peningkatan pelayanan yang terintegrasi, serta perlu dilakukan perbaikan infrastruktur, sarana, dan prasarana untuk meningkatkan layanan.
Rizal dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Cabang Belawan menyatakan bahwa pelayanan Multimoda yang diselenggarakan PT Prima Indonesia Logistik (PT PIL) dari Belawan ke Kuala Tanjung berdampak positif pada efisiensi biaya SPIL dalam kegiatan reposisi petikemas kosong ke Kuala Tanjung. Rizal berharap layanan ini dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh PT PIL ke depannya.
Ruri pun kembali menegaskan bahwa SPSL akan terus meningkatkan kinerja dan layanan logistiknya guna mencapai service excellence and experience yang optimal bagi para pengguna jasa. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengadopsi sistem teknologi untuk mendukung orkestrasi layanan logistik.
Baca juga : Subholding Pelindo Gandeng FKS Perkuat Layanan Logistik Terintegrasi
Dengan berbagai langkah inovatif yang telah diterapkan, SPSL berharap dapat menghadapi tantangan logistik global dengan lebih baik dan memastikan bahwa para pengguna jasa mendapatkan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. “Kami percaya bahwa dengan dukungan teknologi, dapat memberikan solusi logistik yang lebih efisien, efektif, dan responsif, serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa,” tambah Ruri.
Begitu ini, SPSL yang memposisikan diri sebagai port based logistics provider juga tengah melakukan perbaikan sistem layanan logistik yang mencakup penyiapan ‘customer portal’ untuk integrasi sistem layanan, termasuk untuk layanan pergudangan, lapangan, transportasi, serta value added service lainnya. Portal ini diharapkan dapat memberikan kemudahan akses dan transparansi bagi pengguna jasa dalam memantau dan mengelola layanan logistik yang mereka gunakan.
”Dengan terus berinovasi dan mengutamakan kepuasan para pengguna jasa, SPSL bertekad untuk menjadi mitra logistik terpercaya yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia,” tutup Ruri. (Z-8)