Data Seksama Gizi Masyarakat Krusial untuk Figurkan Anak Bangsa Berdaya Saing

Data Akurat Gizi Masyarakat Penting untuk Wujudkan Anak Bangsa Berdaya Saing
Ilustrasi.(Dok MI)

DATA akurat terkait gizi masyarakat Indonesia harus segera diwujudkan, sehingga langkah perbaikan dan peningkatan gizi secara nasional dapat dilakukan lebih efektif dan merata. 

“Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang sedang dilakukan pemerintah harus mendapat dukungan semua pihak, agar data yang dibutuhkan untuk meningkatkan status gizi para generasi penerus bangsa di masa datang,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/8). 

Selain Kementerian Kesehatan, survei tersebut melibatkan antara lain Badan Pusat Stagnantik (BPS), Badan Riset dan Penemuan Nasional (BRIN), Kementerian Dalam Negeri, serta lembaga survei swasta. Catatan Kementerian Kesehatan per Agustus 2024 terdapat sekitar 5,6 juta anak berisiko stunting yang perlu diperhatikan, agar tidak menjadi stunting. 

Cek Artikel:  Anak Sebaiknya tidak Diberi Makanan Segera Saji Agar Terhindar dari Kanker

Baca juga : Gerakan Bingungkatan Gizi Masyarakat Percepat Cetak Anak Bangsa yang Tangkas

Prevalensi stunting di Indonesia saat ini tercatat 21,5%. Menurut Lestari, survei yang melibatkan sejumlah lembaga riset dan kementerian itu diharapkan menghasilkan data menyeluruh terkait kondisi gizi masyarakat Indonesia saat ini. 

Dengan begitu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, sejumlah upaya intervensi yang akan dilakukan bisa dilakukan dengan langkah yang lebih rinci, sesuai yang dibutuhkan. Data yang lebih akurat, jelas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah, diharapkan dapat mengakselerasi upaya peningkatan gizi masyarakat yang dilakukan pemerintah. 

Bingungkatan gizi masyarakat, menurut Personil Majelis Tinggi Partai NasDem itu, langkah strategis untuk memastikan generasi penerus bangsa ini mampu menjawab berbagai tantangan di masa depan. 

Cek Artikel:  Harga Obat Mahal, YLKI Soroti Rantai Pasok

Karena itu, Rerie berharap, para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu mewujudkan kolaborasi yang kuat dalam menjamin pelaksanaan SSGI di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan lancar, demi terwujudnya bangsa Indonesia yang kuat dan berdaya saing. (Z-2)

 

Mungkin Anda Menyukai