Instrukturan Jurnalistik Reporter Cilik dan Reporter Muda Muhammadiyah Media Indonesia 2023

Hai Sobat sekalian

Media Indonesia bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen & PNF) Pengurus Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan pelatihan Reporter Cilik (Repcil) untuk siswa SD/MI dan SMP/MTs serta Reporter Muda (Repda) untuk siswa SMA/SMK/MA.

Rangkaian kegiatan pelatihan berlangsung selama 7 hari. Pembukaan pelatihan jurnalistik Repcil & Repda pada Jumat, 21 Juli 2023 dilakukan oleh Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, H.R. Alpha Amirrachman dan Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Ade Alawi.

Instrukturan jurnalistik Repcil dan Repda ini diikuti olah siswa Muhammadiyah yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Kategori SD/MI Muhammadiyah diikuti 26 peserta,  kategori SMP/MTs Muhammadiyah diikuti 37 peserta dan kategori SMA/SMK/MA Muhammadiyah diikuti 35 peserta.

Cek Artikel:  Kegembiraan Pemudik Sepeda Motor Dapat Pulang Kampung Kembali

Selama pelatihan berlangsung para peserta mendapatkan materi terkait: Jurnalistik era Multiplatform, Asyiknya Wawancara, Menjadi Fotografer, Jurnalisme Data:Membangun Cerita dari Data, Menjadi Reporter, Teknik Berbicara Di Depan Kamera, serta materi terkait Majalah Kuntum dan Bunyi Muhammadiyah.

Setelah selesai pelatihan, para peserta diberikan tugas untuk membuat  tulisan berita dari hasil liputan tentang berbagai hal menarik yang ada di sekitar. Karya peserta akan dievaluasi oleh narasumber dan karya terpilih akan ditayangkan di Media Indonesia

Salah satu tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman tentang proses produksi sebuah karya jurnalistik dan diharapkan peserta dapat menjadi konsumen media yang cerdas. Tak tertutup kemungkinan juga memicu minat dalam karir jurnalistik.

Cek Artikel:  https://mediaindonesia.com/video/detail_video/2373-jalan-panjang-eksekusi-mati-predator-seksual

Tiba jumpa dikegiatan selanjutnya 🙂

Mungkin Anda Menyukai