Waspada Panas Ekstrim, Berikut Tips Tetap Sehat

Liputanindo.id JAKARTA – Negara-negara di Asia termasuk Indonesia tengah dilanda gelombang panas sepekan terakhir. Suhu panas yang ekstrem rupanya juga bisa menyebabkan siapa saja mengalami kondisi gangguan kesehatan.

Bagi Anda yang sedang berkegiatan di luar ruangan, penting untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca panas. Terlebih, ada beberapa gejala yang muncul akibat cuaca panas terhadap kesehatan antara lain keringat berlebihan.

Baca Juga:
Kebakaran Lahan Semakin Meluas di Dumai

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menyebut, selain banyak mengeluarkan keringat, kulit terasa panas dan kering, hingga rasa berdebar atau jantung terasa berdetak lebih cepat.

Kemudian kulit terlihat pucat, kram pada kaki maupun abdomen. Lewat gejala lain seperti mual, muntah, pusing, serta urine yang sedikit dan berwarna kuning pekat.

Cek Artikel:  Usai Digeruduk Gegara Kasus KDRT Cut Intan Nabila, HIPMI Jawa Barat Buka Bunyi

“Kalau muncul gejala tersebut, dinginkan tubuh dengan kain basah atau sponge basah pada pergelangan tangan, leher, dan lipatan tubuh lainnya serta banyak minum air,” kata Syahril dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (10/5/2023).

“Kalau masih bergejala, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan perawatan,” sambungya.

Tips Tetap Sehat di Tengah Cuaca Panas

Terdapat beberapa tips mencegah akibat dari cuaca panas.

Pertama, cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak serta tidak menunggu rasa haus untuk minum. Kedua, hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis. 

Ketiga, hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, dan lebih baik gunakan topi atau payung. Keempat, memakai baju yang berbahan ringan dan longgar. 

Cek Artikel:  Terlibat Kasus Narkoba, Aktor 'Parasite' Lee Sun Kyun Ditemukan Tewas di Dalam Mobil

Kelima, hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas. Keenam, sebisa mungkin berteduh diantara jam 11.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Ketujuh, jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup. 

Delapan, gunakan sunscreen minimal SPF 30 pada kulit yang tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah. Sembilan, sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan. (DID)

 

Baca Juga:
Produksi Kerupuk Meningkat Ketika Kemarau

 

Mungkin Anda Menyukai