Sulsel Bakal Jadi Daerah Penyangga IKN

Liputanindo.id MAKASSAR – Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu terungkap usai Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (27/2/2024) kemarin.

Baca Juga:
Airlangga Ungkap Rencana Perusahaan UAE Bangun PLTS 1,2 GW di IKN

Bahtiar Baharuddin menemui Jokowi bersama lima kepala daerah yakni Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, Bupati Maros, Chaidir Syam, Bupati Pangkep, YusraN Lalogau, Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan, dan Pj Bupati Takalar, Setyawan Arsad.

“Nanti (Sulsel) sebagai penyuplai bahan pokok untuk IKN. Potensi pertanian dan peternakan terdekat IKN justru Makassar. Jadi ketika IKN beroperasi paling menikmati Makassar dan sekitarnya atau Sulsel,” ungkap Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Cek Artikel:  Bisnis Pembiayaan Emas BSI Melesat 30%

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, Jokowi menyebut Sulsel sudah punya modal besar sebagai penyangga IKN. Kehadiran Makassar New Port (MNP) di Makassar jadi bukti nyata.

Pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok ini mampu menjadi gerbang perdagangan.

“Makassar ini adalah pintu gerbang Indonesia Timur yang menjadi pusat perdagangan Indonesia Timur dan penopang IKN ke depan. Nanti bahan-bahan pangan ke IKN itu dari Makassar,” bebernya.

New Port dengan kapasitas 2,5 juta teus, kata dia, terbesar kedua setelah Tanjung Priok.

“Jadi ini besar sekali potensi ekonominya, makassar harus diintegrasikan transportasi memadai dari Kereta Api, Maupun tol yang lingkar Makassar dari sisi darat maupun pesisirnya,” jelasnya. (KEK)

Cek Artikel:  Andalkan Hawker, Penjualan Joyday Meningkat 3

 

Baca Juga:
Desain Terowongan Rendah Laut IKN Mulai Dikerjakan Pahamn Ini

 

Mungkin Anda Menyukai