Ledek Pemeran Naturalisasi di Skuad Garuda, Bek Vietnam: Kami Musuh Timnas Belanda Atau Indonesia?

Liputanindo.id JAKARTA – Bek Timnas Vietnam, Do Duy Manh menyoroti hadirnya sejumlah pemain blasteran atau keturunan di Skuad Timnas Indonesia jelang kedua tim bersua di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, Instruktur Timnas Indonesia telah mengumumkan daftar 28 pemain yang bakal membela Skuad Garuda dalam pertandingan tersebut, dengan sepuluh di antaranya merupakan pemain keturunan Belanda. Mereka adalah; Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner dan lain-lain.

Pemeran keturunan ini merupakan buah dari program PSSI yang membuka pintu sebesar-besarnya untuk pemain berdarah Indonesia mendapatkan kewarnegaraan Indonesia, serta bisa membela Timnas.

Teranyar, induk sepak bola Indonesia itu hampir merampungkan proses naturalisasi dari Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Mereka diharapakan dapat mendongkrak kiprah Skuad Garuda di kancah Global.

Cek Artikel:  Yorun 2024 Ingin Promosikan Gaya Hidup Sehat

Kebijakan tersebut lantas dikritisi Do Duy Manh, yang menyebut lawannya sekarang adalah Belanda, bukan Indonesia.

“Kadang-kadang kami saling meledek, mengatakan kami tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Belanda atau Indonesia. Tetapi tim Vietnam juga memiliki pemain berkualitas,” kata dia, sebagaimana ditulis situs resmi Federasi Sepak Bola Vietnam, VFF, Senin (12/3/2024).

Du Manh melanjutkan, Timnas Indonesia sudah lama menjadi lawan yang tangguh untuk Vietnam, terlepas dari program naturalisasinya. Tetapi, dia menegaskan timnya tidak takut dengan kekuatan Indonesia saat ini, serta siap meraup hasil optimal.

“Mereka memiliki cara bertarung yang sengit dan agresif. Kini, tim tersebut kembali dinaturalisasi secara massal. Kami tidak takut bersaing karena naturalisasi Indonesia. Kekhawatiran tidak ada dalam pikiran pemain mana pun,” tegas dia.

Cek Artikel:  Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia vs Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Eksispun duel Indonesia vs Vietnam akan tersaji sebanyak dua kali pada laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Indonesia akan terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah di Gelora Bung Karno pada 21 Maret mendatang, sebelum bertandang ke My Dinh National Stadium, 26 Maret 2024.

Di pertemuan sebelumnya, Indonesia yang belum diperkuat Nathan, Thom Haye dan Ragnar mampu mengalahkan The Golden Star Warrior di Piala Asia dengan skor 1-0, sekaligus menyingkirkan mereka.

“Saya harap kami bakal bermain bagus melawan Indonesia. Meski tim bakal kesulitan, karena bertamu dulu di Stadion GBK, saya tetap yakin kedua tim akan bermain bagus,” tutup Du Manh. (RMA)

Cek Artikel:  Tim Basket Prancis Tantang AS di Final Olimpiade Paris

Mungkin Anda Menyukai