Kenali Tanda-ciri Makeup Kedaluwarsa Sesuai Jenisnya

Kenali Ciri-ciri Makeup Kedaluwarsa Sesuai Jenisnya
Sejumlah barang bukti kosmetik ilegal diamankan dalam konperensi pers di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya(MI/Susanto )

BERAPA lama kamu menyimpan produk makeup? Krusial untuk mengecek tanggal kedaluwarsa makeup. Alasan apabila produk makeup sudah kedaluwarsa, dampaknya bisa merusak kulit wajah.

Selain melihat dari tanggal kedaluwarsa yang tercantum di produk makeup, kamu juga bisa mengecek kondisi dari produk makeup tersebut. Berikut ciri-ciri produk makeup yang sudah kedaluwarsa sesuai jenisnya, melansir dari situs jenama lokal Buttonscarves, yang juga menjual produk kosmetik dan makeup.

1. Foundation

Baca juga : Kolaborasi Mizzu x Sasa Hadirkan Kosmetik Buat Tingkatkan Kepercayaan Diri Perempuan

Lazimnya, foundation yang sudah kedaluwarsa memiliki aroma yang tak sedap, perubahan tekstur, hingga perubahan warna. Kalau ciri-ciri tersebut terjadi, sebaiknya kamu hentikan penggunaannya.

Cek Artikel:  Apakah Anda Orang tua yang Payah atau Orang tua yang Keren Video Viral IniMenjelaskan Perbedaannya

2. Maskara

Aroma tak sedap hingga tekstur yang berubah merupakan ciri-ciri maskara yang sudah kedaluwarsa. Lazimnya, maskara hanya bertahan beberapa bulan hingga 2 tahun saja.

Baca juga : Mineral Botanica Luncurkan Maskor SiMica dan Produk Baru Jakarta x Beauty 2023

3. Face Powder

Bedak merupakan salah satu kosmetik yang lama habis. Akan tetapi, pastikan kamu tidak menyimpannya lebih dari 2 tahun. Kalau produk ini sudah kedaluwarsa dan mengalami perubahan tekstur dan aroma, sebaiknya hentikan penggunaannya.

4. Lipstik

Baca juga : MUA Ini Temukan Teknik Makeup Anti-Luntur, Manfaatkan Produk Kosmetik Capekl

Lipstik yang sudah kedaluwarsa memiliki ciri-ciri yakni perubahan tekstur dan aroma pada lipstik. Lazimnya, lipstik yang sudah kedaluwarsa akan sulit untuk diaplikasikan ke bibir.

Cek Artikel:  Lentera Bersinar Indonesia, Pilihan untuk Rehabilitasi Member Keluarga Pengguna Narkoba

5. Lip Tint

Lip tint yang kedaluwarsa akan menjadi lebih lengket dan sulit diaplikasikan di bibir. Selain itu, menunjukkan perubahan tekstur dan bau tak sedap.

6. Eyeliner

Lazimnya, eyeliner pensil yang sudah kedaluwarsa akan menunjukkan tanda adanya titik putih. Sementara eyeliner cair, akan terpisah dan mengeluarkan bau tak sedap ketika telah kedaluwarsa. (M-4)

Mungkin Anda Menyukai