Tips Merawat Kendaraan Usai Liburan ala Daihatsu

Tips Merawat Kendaraan Usai Liburan ala Daihatsu
(ADM)

MOMEN libur Natal dan Pahamn Baru telah usai. Sebagian besar masyarakat sudah siap kembali melanjutkan rutinitas masing-masing. Biasanya, aktivitas liburan menggunakan mobil pribadi dapat menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah kondisi kemacetan, medan jalan yang bervariasi, faktor cuaca, dan lain sebagainya, sehingga dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Sebagian dari kita banyak yang menggunakan mobil pribadi yang juga digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun perjalanan liburan. Oleh karena itu, Daihatsu membagikan tips untuk menyegarkan kembali kendaraan kesayangan pelanggan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang dan waktu lama.

1. Oli: Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat performa oli menurun dan volume-nya berkurang. Niscayakan tidak terdapat kebocoran dengan melihat ada-tidaknya rembesan oli.

Cek Artikel:  Honda dan GM Jalin Kerja Sama Produksi Power Unit Hydrogen Fuel Cell di AS

2. Kaki-Kaki: Kondisi medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Terlebih bila diisi muatan dan penumpang penuh. Periksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem: Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban kerja pengereman lebih berat. Niscayakan ketebalan kampas rem masih dalam kondisi yang baik. Gantilah komponen ini apabila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa untuk memeriksa juga minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

4. Filter Bahan Bakar: Selama perjalanan mudik, kadang pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan kualitas yang direkomendasikan karena keterbatasan ketersediaan jenis bahan bakar di area tersebut. Oleh karena itu periksa filter bahan bakar, dan dapat menggantinya bila diperlukan untuk mengurangi kotoran yang masuk ke dalam ruang bakar.

Cek Artikel:  Daihatsu Toyota Tarik lagi 320.000 Mobil dan Perpanjang Penutupan Pabrik

5. Interior dan Filter AC: Niscayakan Interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

Selain pemeriksaan manual secara mandiri, Anda juga dapat mempercayakan kendaraan kesayangannya dengan membawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap serta teknisi profesional Daihatsu agar kondisi mobilnya tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang. (RO/S-3)

Mungkin Anda Menyukai