Padukan AI dan Pelibatan Aktif Karyawan, Transcosmos Raih Dua Penghargaan TBCCI

Padukan AI dan Pelibatan Aktif Karyawan, Transcosmos Raih Dua Penghargaan TBCCI
Transcosmos Indonesia (TCID) meraih penghargaan di The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).(Transcosmos Indonesia)

TRANSCOSMOS Indonesia (TCID) meraih dua penghargaan di The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA).

TBCCI merupakan penghargaan terhadap dedikasi perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan dan inovasi dalam dunia contact center. TCID berhasil mendapatkan platinum untuk kategori Contact Center Operations dan silver untuk kategori Employee Engagement.

Kompetisi tahunan itu diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan dan individu yang mampu menunjukkan keunggulan dalam layanan pelanggan. Setidaknya sebanyak 68 perusahaan mengikuti kompetisi itu, termasuk BUMN dan kementerian, dengan total peserta mencapai 1.114 orang.

Baca juga : AI Menghadirkan Tantangan dalam Mempersiapkan SDM Berkualitas

Vice President Director TCID Ardi Sudarto mengatakan, kedua penghargaan itu memperkuat komitmen visi misi perusahaan yang berfokus pada dua hal, yakni people dan technology.

“Konsentrasi TCID pada strategi yang berpusat pengembangan karyawan yang berkelanjutan dan upaya selalu meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengembangan teknologi merupakan faktor kunci dalam mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya dikutip dari siaran pers, Minggu (22/9).

Cek Artikel:  Aktif dalam Pemberdayaan UMKM, BRI Raih Penghargaan Community Empowerment & Development

Di sisi Contact Center Operations, TCID dinilai berhasil mengedepankan studi kasus pengimplementasian AI dan automation di salah satu partner bisnis mereka. Teknologi tersebut sukses mengoptimalkan sumber daya manusia dengan mengurangi jumlah traffic ke agent hingga 41,5%, meningkatkan efisiensi workload supervisor agent hingga 22,6%, dan mengurangi biaya operasional hingga 30%.

Baca juga : Pemanfaatan AI Pandai Prediksi Kebutuhan Pelanggan

Hal itu juga berdampak dari sisi konsumen, derngan jumlah detractor pada kategori speed of service di NPS berkurang hingga lebih dari 5%.

Sementara itu, untuk kategori Employee Engagement, TCID menyoroti pendekatan strategis dalam membangun budaya perusahaan yang berfokus pada pengembangan karyawan. Inisiatif seperti program pelatihan, keterlibatan karyawan melalui berbagai inisiatif, dan peningkatan komunikasi internal menjadi elemen kunci yang diakui oleh para juri.

Cek Artikel:  Berbondong-bondong Masyarakat Kelas Menengah Menuju Kemiskinan

Dengan mempertahankan nilai-nilai inti perusahaan, TCID dinilai berhasil menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesejahteraan dan produktivitas karyawan.

Ketua ICCA Andi Anugrah mengatakan, TCID berhasil mendapatkan penghargaan platinum untuk kategori Contact Center Operations karena perusahaan itu berhasil memadukan keunggulan operasional dengan penerapan teknologi terkini yang relevan dan memberikan dampak signifikan terhadap operasional.

“Sementara di sisi Employee Engagement, TCID juga berhasil membuktikan mereka mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keterlibatan aktif karyawan, dan memastikan karyawan merasa dihargai dalam mencapai tujuan perusahaan,” ujarnya. (E-2)

Mungkin Anda Menyukai