Kaesang datangi KPK, MAKI Lembaga Antirasuah Harus Segera Tuntaskan

Kaesang datangi KPK, MAKI: Lembaga Antirasuah Harus Segera Tuntaskan
Ketua Lazim Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep(MI/SUSANTO)

Kedatangan putra presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Lazim PSI Kaesang Pangarep di KPK akan memudahkan KPK untuk mendalami dugaan gratifikasi yang dinikmati Kaesang dan keluarganya beberapa waktu lalu.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kedatangan Kaesang mendatangi KPK. Dan ini akan memudahkan semuanya termasuk memudahkan KPK mendalami dugaan gratifikasi. Dan saya harap juga KPK bisa segera menuntaskan apakah ini bentuk kreativitas atau sebaliknya,” ujar Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, Selasa (17/9).

Tetapi menurutnya dalam dugaan penerimaan gratifikasi penggunaan jet pribadi tersebut KPK seharusnya memberikan pernyataan gratifikasi itu senilai fasilitas yang didapatkan.

Baca juga : Kaesang Beberkan Soal Keberangkatan ke AS Guna Jet Pribadi

Cek Artikel:  Istana akan Proses Surat Arsjad Rasjid ke Presiden Jokowi

“Saya berharap ini setidaknya ada pernyataan gratifikasi yang level mengembalikan menyerahkan uang senilai fasilitas yang didapat”

Setelah klarifikasi tersebut KPK akan memprosesnya dan memberikan kepastian hukumnya. KPK harus mendalami informasi apa pun yang didapat yang terduga konflik kepentingan ataupun jabatan-jabatan keluarga Kaesang.

“Memang masih dalam kurun waktu 30 hari dalam ketentuan undang-undang untuk menyampaikan laporan ke KPK apapun yang didapat”

Kehadiran Kaesang juga disebut bisa memberikan contoh bagi semua penjabat negara yang menerima fasilitas apa pun untuk melaporkannya ke KPK.

“Ini bisa menjadi teladan dan contoh ke depannya bagi pejabat dan keluarga pejabat yang menerima fasilitas apapun itu melaporkan ke KPK,” tukasnya. (Sru/P-2)

Cek Artikel:  Muhadjir Effendy Ditunjuk Jadi Plt Menteri Sosial

 

Mungkin Anda Menyukai