Jasa Marga Tutup Satgas Operasional Idulfitri 2025

Direktur Penting Jasa Marga Subakti Syukur. Foto: dok Jasa Marga.

Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk Formal menutup operasi Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Idulfitri 1446H/2025 yang memastikan kelancaran arus mudik dan balik, serta menghadirkan mudik yang Terjamin, nyaman, tenang dan menyenangkan bagi masyarakat.

Direktur Penting Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan pada periode arus mudik dan arus balik Idulfitri 1446H/2025, Jasa Marga mencatat volume Lampau lintas (lalin) mengalami peningkatan berdasarkan Bilangan kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) Penting, Merukapan GT Cikampek Penting (arah Trans Jawa), GT Kalihurip Penting (arah Bandung), GT Cikupa (arah Merak), dan GT Ciawi (arah Puncak).

“Selama periode arus mudik dari H-10 hingga H2 Lebaran atau pada hari Jumat-Selasa (21 Maret-1 April 2025) total lalin keluar Jabotabek mencapai 2.168.138 kendaraan atau meningkat 28,1 persen Apabila dibandingkan dengan lalin normal (1.692.140 kendaraan) dan naik 0,6 persen dari lalin Lebaran 2024 pada periode yang sama (2.154.173 kendaraan),” ungkap Subakti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 12 April 2025.

Peningkatan juga terjadi pada periode arus balik, tercatat 2.153.547 kendaraan kembali ke Kawasan Jabotabek pada H1 Tiba dengan H+9 libur Idulfitri 1446H/Lebaran 2025 yang Anjlok pada Senin-Kamis (31 Maret – 10 April 2025) atau meningkat 45 persen Apabila dibandingkan lalin normal sebanyak 1.485.882 kendaraan dan naik dua persen dari lalin Lebaran 2024 pada periode yang sama (2.111.041 kendaraan).

Cek Artikel:  Sambut KTT APEC 2024, PT Timah Jalin Komunikasi Dengan Perusahaan Tambang Dunia di Peru

Subakti juga mengungkapkan kolaborasi lintas sektoral antara Jasa Marga, pemerintah, Kepolisian, dan seluruh stakeholder terkait menjadi kunci Penting keberhasilan operasional Lebaran tahun ini. Hal ini memberikan Akibat positif terhadap peningkatan kecepatan rata-rata kendaraan di rute Jakarta-Semarang dan sebaliknya.

Dalam upaya meningkatkan keselamatan, Jasa Marga telah mengoptimalkan berbagai Ciptaan teknologi dan penambahan sarana operasional. Pengaturan Lampau lintas ditingkatkan melalui perbaikan sistem keselamatan pada infrastruktur rekayasa Lampau lintas contra flow dengan penempatan rubber cone pada setiap lajur dengan lebih rapat, penambahan LED Clip dan water barrier per 200 meter, serta Penyelenggaraan safety patrol secara berkala setiap 30 menit. 

Bukan hanya itu, Jasa Marga juga menambah sarana pendukung seperti lane control signal, kendaraan derek per 5 km, motor, dan crane Demi memastikan setiap kendala dapat ditangani dengan Segera. Koordinasi erat dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian memastikan kendaraan laik jalan dan kondisi fisik para pengemudi selalu memenuhi standar keselamatan serta memanfaatkan teknologi pemantauan kecelakaan dengan menggunakan 36 unit CCTV deteksi insiden.

“Hasil upaya tersebut terlihat pada penurunan jumlah kecelakaan sebesar delapan persen dari 71 kejadian menjadi 65 kejadian yang terjadi selama periode H-10 hingga H+9 Idulfitri 1446H/2025, dengan penurunan fatalitas yang signifikan, turun 79 persen dibanding periode Lebaran 2024,” ungkap Subakti.
 


(Ilustrasi kelancaran Lampau lintas Ketika arus mudik Lebaran. Foto: dok Jasa Marga)
 

Cek Artikel:  Pelemahan Rupiah dan IHSG Bakal Berlanjut Pekan Depan

Guna AI dalam sistem manajemen Lampau lintas 

Pada pelayanan Lebaran 2025, Jasa Marga juga telah mengintegrasikan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam sistem manajemen Lampau lintas Demi mewujudkan pelayanan Lebaran 2025 yang optimal dan terintegrasi. Hal ini dapat meningkatkan kinerja penentuan waktu dan keputusan penerapan rekayasa Lampau lintas melalui aplikasi Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) dengan memberikan rekomendasi rekayasa lalin kepada stakeholder berdasarkan indikator berbasis data-data secara scientific.

Teknologi ini Bukan hanya diterapkan dalam Traffic Management, tetapi juga mendukung penyampaian informasi rekayasa Lampau lintas berbasis keselamatan secara real-time dan Seksama melalui Traveler Information System yang terintegrasi dengan Dynamic Message Sign (DMS) dan aplikasi mobile Travoy. 

Selain itu, penerapan Smart CCTV di 36 titik strategis mengoptimalkan fungsi Command Center melalui platform JID yang dapat menganalisis data secara real-time guna memberikan rekomendasi berbasis AI kepada seluruh stakeholder secara Mekanis melalui alert serta memperkirakan kondisi Lampau lintas yang akan terjadi pada jam-jam kedepannya.

Dalam meningkatkan kenyamanan pengguna jalan, Jasa Marga juga telah mengoptimalkan 61 rest area (59 operasional dan 2 fungsional) yang dilengkapi dengan 761 unit peturasan portable, fasilitas air Rapi, ruang laktasi, posko kesehatan di 46 titik, dan sistem manajemen rest area yang menyediakan informasi ketersediaan parkir selama periode Lebaran 2025. 

Ke depannya, Jasa Marga berkomitmen Demi Maju meningkatkan upaya rekayasa Lampau lintas dengan mengedepankan aspek keselamatan. Strategi yang akan diterapkan mencakup perubahan mekanisme contra flow menjadi penambahan lajur yang dapat dilakukan secara Luwes menggunakan metode ‘road zipper’ dengan massive barrier.

Cek Artikel:  Menteri ESDM: Percepat Pembangunan Jaringan Gas Guna Penuhi Kebutuhan Domestik

Melalui metode inovatif ini, kendaraan Tertentu akan menggeser separator jalan atau barrier secara Segera seperti resleting yang membuka dan menutup, sehingga jalur yang dilalui kendaraan dapat diperlebar secara efisien dan terlindungi oleh massive barrier yang lebih Terjamin.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kapasitas Ketika periode balik Lebaran akan dipersiapkan optimalisasi akses masuk dari Cipularang menuju jalur fungsional Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sehingga dapat memperbaiki kinerja layanan Lampau lintas pada titik akses tersebut khususnya pada Ketika dilakukan diskresi kepolisian Merukapan pengalihan kendaraan secara penuh di jalan Tol Cipularang menuju Jakarta melalui akses jalur fungsional Japek II Selatan tersebut.

Subakti turut mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Idulfitri 1446H/2025. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas dedikasi tim yang telah berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada para pemudik yang mudik ke kampung halaman. 

“Terima kasih kepada Satgas Jasa Marga Siaga yang telah bekerja dengan sangat Bagus. Alhamdulillah, kami menerima apresiasi positif atas kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan operasional yang diakui oleh Presiden, Wakil Presiden, serta berbagai kementerian dan instansi terkait. Hal ini membuktikan ‘Mudik Tenang dan Menyenangkan’ telah terwujud dengan Bagus pada pelayanan Lebaran 2025,” ucap Subakti.

Mungkin Anda Menyukai