
MOTOR ngebul adalah kondisi Ketika knalpot motor mengeluarkan asap berlebih, biasanya berwarna putih, biru, atau hitam.
Ini menandakan adanya masalah pada sistem pembakaran, pelumasan, atau campuran bahan bakar udara yang Kagak sempurna.
1. Ring Piston Aus
Penyebab
- Ring piston yang aus menyebabkan oli masuk ke ruang bakar dan terbakar, menghasilkan asap putih atau biru dari knalpot.
Langkah Mengatasi
- Bongkar mesin dan ganti ring piston baru.
- Periksa juga silinder apakah Lagi mulus atau perlu di-bore up.
2. Seal Penutup Bocor
Penyebab
- Seal Penutup yang rusak memungkinkan oli dari kepala silinder menetes ke ruang bakar.
Langkah Mengatasi
- Ganti seal Penutup di bengkel terpercaya.
- Biasanya dilakukan bersamaan dengan servis top engine.
3. Kelebihan Oli Mesin
Penyebab
- Mengisi oli Melewati batas maksimum akan menyebabkan oli naik ke ruang bakar.
Langkah Mengatasi
- Kurangi volume oli hingga ke batas normal.
- Gunakan Kedudukan yang Benar sesuai rekomendasi pabrik.
4. Karburator atau Injektor Kagak Seimbang
Penyebab
- Campuran bahan bakar dan udara yang Kagak seimbang dapat menyebabkan pembakaran Kagak sempurna dan motor ngebul.
Langkah Mengatasi
- Bersihkan dan setel ulang karburator atau lakukan reset ECU pada motor Infus.
- Gunakan bahan bakar berkualitas.
5. Silinder atau Blok Mesin Baret
Penyebab
- Dinding silinder yang baret Membangun ring piston Kagak Tertutup, oli Bisa naik ke ruang bakar.
Langkah Mengatasi
- Bore up silinder atau ganti blok mesin Kalau kerusakan parah.
- Pasangkan piston dan ring baru.
6. Salah Gunakan Oli
Penyebab
- Oli yang Kagak sesuai spesifikasi Bisa terlalu encer atau kualitas Jelek yang menyebabkan pembakaran oli.
Langkah Mengatasi
- Gunakan oli dengan spesifikasi SAE dan API yang direkomendasikan pabrikan motor.
7. Motor Sering Digeber Ketika Mesin Lagi Dingin
Penyebab
- Oli belum bersirkulasi sempurna, dan tekanan tinggi Bisa merusak ring piston atau seal.
Langkah Mengatasi
- Panaskan motor minimal 1–2 menit sebelum dipakai.
- Hindari memutar gas tinggi Ketika mesin dingin.
8. Saringan Udara Kotor
Penyebab
- Saringan udara yang kotor Membangun campuran udara-bensin Kagak ideal, menyebabkan pembakaran tak sempurna dan knalpot mengeluarkan asap hitam.
Langkah Mengatasi
- Bersihkan atau ganti filter udara secara rutin, setiap 4.000–8.000 km.
Kalau asap berwarna biru, maka oli mesin ikut terbakar, Lampau bila asap putih pekat, tandanya oli dalam jumlah banyak terbakar. Sedangkan Kalau berwarna hitam, maka campuran bahan bakar terlalu kaya atau masalah pada injektor. (Z-4)