
ENGKOL motor adalah bagian pada motor yang berfungsi Kepada menghidupkan mesin secara manual dengan Metode diinjak menggunakan kaki.
Sekarang beberapa motor keluaran terbaru Terdapat yang sudah Kagak menggunakan engkol atau kick starter, karena dianggap lebih praktis dengan hanya mengandalkan starter elektrik.
1. Busi Bermasalah
Busi kotor, aus, atau Tewas Membikin percikan api Kagak keluar sehingga motor sulit dinyalakan meski diengkol.
2. Aki Lemah atau Tewas
Meski motor Tetap Dapat diengkol tanpa aki, pada beberapa jenis motor, aki yang lemah Dapat memengaruhi sistem kelistrikan sehingga sulit menyala.
3. Karburator Kotor atau Tersumbat
Endapan kotoran atau bensin basi Dapat menyumbat karburator, Membikin Aliran bahan bakar Kagak Lancar.
4. Bahan Bakar Kagak Masuk
Dapat karena selang bensin tersumbat, keran bensin Mandek, atau tangki Hampa sehingga bensin Kagak Tamat ke ruang bakar.
5. Kompresi Mesin Lemah
Disebabkan oleh klep bocor, piston aus, atau ring piston bermasalah, sehingga tenaga engkol Kagak cukup Kepada menghidupkan mesin.
6. Filter Udara Tersumbat
Kalau filter udara terlalu kotor, campuran udara dan bahan bakar jadi Kagak seimbang, Membikin motor susah hidup Ketika diengkol.
7. Sistem Suntik Bermasalah
Injektor kotor, sensor rusak, atau ECU error Dapat menyebabkan suplai bahan bakar Kagak normal sehingga motor Kagak Dapat menyala.
8. Kick Starter atau Mekanisme Engkol Rusak
Gear engkol aus, patah, atau mekanisme starter Mandek Membikin engkol Kagak berfungsi dengan Bagus.
Kalau motor susah hidup Ketika diengkol, cek busi, bensin, karburator atau Suntik dan kompresi secara berurutan. (Z-4)

