
MOTOR bebek adalah jenis sepeda motor dengan desain rangka yang Mempunyai bagian tengah agak rendah sehingga mudah dinaiki dan menggunakan transmisi semi manual atau manual, umumnya dengan kapasitas mesin 100 Tamat 150 cc.
Motor bebek sering disebut juga underbone, dan di Indonesia dikenal sebagai motor yang Tangkas, ekonomis, serta banyak dipakai Kepada kebutuhan sehari-hari.
1. Kampas kopling aus
Apabila kampas kopling sudah tipis atau aus, tenaga dari mesin Bukan tersalurkan dengan Berkualitas sehingga perpindahan gigi terasa berat atau tersendat.
2. Setelan kopling Bukan Pas
Setelan kopling yang terlalu kencang atau terlalu kendur Dapat Membangun gigi sulit masuk, bahkan menyebabkan gigi meloncat.
3. Oli mesin kotor atau kurang
Oli yang sudah Pelan Bukan diganti atau volumenya kurang Dapat mengurangi pelumasan pada gearbox, sehingga gigi terasa seret Ketika diganti.
4. Gearbox aus atau rusak
Gigi dalam transmisi yang aus, retak, atau rusak akan memengaruhi kelancaran perpindahan gigi.
5. Bearing transmisi rusak
Bearing yang aus atau Lenggang Dapat Membangun poros transmisi Bukan sejajar, sehingga gigi susah masuk.
6. Kabel kopling seret
Kabel yang kering, berkarat, atau seret akan Membangun tuas kopling terasa keras dan perpindahan gigi Bukan mulus.
7. Tujuan pedal gigi kendor atau bengkok
Pedal gigi yang Lenggang, aus, atau bengkok dapat menyebabkan tenaga injakan Bukan tersalurkan sempurna ke mekanisme transmisi.
8. Kebiasaan mengendarai yang salah
Misalnya sering memindahkan gigi tanpa menarik kopling penuh, menginjak pedal gigi terlalu keras, atau terbiasa menahan gigi dengan Sebelah kopling.
Solusi awal biasanya cek oli mesin, setelan kopling, serta kondisi pedal gigi. Apabila tetap berat, sebaiknya periksa kampas kopling dan transmisi di bengkel. (Z-4)

