
KOPLING ganda pada motor, terutama motor matic, adalah bagian dari sistem CVT yang berfungsi Buat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.
Kopling ini bekerja secara Mekanis tanpa perlu tuas kopling seperti pada motor manual.
Kopling ganda motor matic berfungsi Buat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Kalau kopling ganda Segera rusak, performa motor akan menurun.
1. Sering Menggunakan Gas Secara Kasar
Kalau sering menarik gas secara mendadak dan berlebihan, gesekan pada kopling ganda akan meningkat, sehingga Segera aus.
2. Kampas Kopling Sudah Tipis
Kampas kopling yang aus akan menyebabkan gesekan Enggak optimal, Membangun tenaga motor berkurang dan mempercepat kerusakan pada komponen kopling lainnya.
3. Jarang Membersihkan CVT
Debu dan kotoran yang menumpuk di area CVT (Continuously Variable Transmission) Bisa menyebabkan kopling ganda bekerja lebih keras, sehingga memperpendek umurnya.
4. Terlalu Sering Berhenti dan Jalan Mendadak
Sering menghadapi kondisi Stagnan atau berhenti-jalan Lalu menerus Bisa menyebabkan kopling ganda lebih sering bergesekan, sehingga Segera aus.
5. Kampas Ganda Enggak Menekan dengan Sempurna
Kalau pegas pada kampas ganda melemah atau Enggak bekerja optimal, tekanan terhadap rumah kopling Enggak maksimal. Akibatnya, tenaga Enggak tersalurkan dengan Berkualitas dan kopling Segera rusak.
6. Menggunakan Oli yang Enggak Sesuai
Oli mesin dan oli transmisi yang Enggak sesuai spesifikasi dapat mempengaruhi kinerja sistem CVT dan kopling ganda, mempercepat keausan.
7. Mengabaikan Perawatan Berkala
Kalau Enggak rutin melakukan servis CVT dan mengganti komponen yang sudah aus, seperti roller dan kampas ganda, maka kopling ganda Bisa Segera rusak karena bekerja dalam kondisi Enggak optimal.
Dengan perawatan yang Berkualitas, kopling ganda motor matic Bisa lebih awet dan performa motor tetap optimal. (Z-4)

