7 Penyebab CVT Motor Matic Segera Overheat

7 Penyebab CVT Motor Matic Cepat Overheat
Berikut Penyebab CVT Motor Matic Segera Overheat(freepik)

CVT atau Continuously Variable Transmission adalah sistem transmisi Mekanis yang digunakan pada motor matic dan beberapa mobil.

Berbeda dengan transmisi manual atau Mekanis konvensional yang Mempunyai gigi tetap, CVT menggunakan puli dan sabuk (V-belt) Kepada mengubah rasio kecepatan secara halus dan tanpa perpindahan gigi yang terasa.

CVT pada motor matic Bisa mengalami overheat Apabila Enggak dirawat dengan Bagus.

1. Kotoran dan Debu yang Menumpuk

CVT yang jarang dibersihkan Bisa dipenuhi debu, pasir, dan kotoran yang menyebabkan gesekan berlebih dan mempercepat panas.

2. Kampas Kopling CVT Aus

Kampas kopling yang sudah tipis atau aus akan menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas berlebih di dalam CVT.

Cek Artikel:  0,003 detik antara Andi Gilang dan Yuta Date itu seperti ini bedanya

3. V-Belt yang Sudah Usang atau Retak

V-belt yang sudah aus atau retak dapat menyebabkan penyaluran tenaga menjadi Enggak optimal, sehingga CVT bekerja lebih keras dan Segera panas.

4. Kurangnya Pelumasan pada CVT

Beberapa bagian dalam CVT seperti roller dan rumah kopling membutuhkan pelumasan yang Bagus. Apabila pelumas kering atau kurang, gesekan meningkat dan panas Segera terjadi.

5. Roller CVT yang Enggak Seimbang atau Aus

Roller yang aus atau beratnya Enggak seimbang Bisa menyebabkan kinerja CVT Enggak optimal, sehingga mesin harus bekerja lebih keras dan menjadi panas lebih Segera.

6. Gaya Berkendara yang Enggak Kukuh

Sering melakukan Percepatan dan deselerasi secara tiba-tiba Bisa Membangun CVT bekerja lebih keras dan meningkatkan panas dalam sistem.

Cek Artikel:  Test Ride New Honda Vario 125 . . . Tambah Kukuh Buat Nikung

7. Penggunaan CVT di Jalanan Ekstrem

Sering melewati tanjakan terjal atau membawa beban berat secara berlebihan dapat Membangun CVT bekerja lebih berat, sehingga Segera panas.

Dengan perawatan yang Bagus, CVT Bisa tetap awet dan performa motor tetap optimal. (Z-4)

Mungkin Anda Menyukai