
KNALPOT motor adalah salah satu komponen Krusial pada sepeda motor yang berfungsi Buat menyalurkan sekaligus membuang gas hasil pembakaran dari ruang mesin ke udara bebas.
Selain sebagai saluran pembuangan, knalpot juga berperan dalam meredam Bunyi bising mesin dan mengurangi kadar polutan berbahaya.
1. Bahan Bakar Berlebih
Campuran bahan bakar terlalu banyak dibanding udara, Membikin sisa bensin terbakar di knalpot dan memicu api.
2. Setelan Karburator atau Injector Tak Benar
Karburator atau sistem Suntik yang Tak terkalibrasi dengan Benar Bisa Membikin pembakaran Tak sempurna.
3. Timing Pengapian Terlambat
Api busi muncul terlambat sehingga sisa bahan bakar terbakar di knalpot, bukan di ruang bakar.
4. Knalpot Racing atau Aftermarket
Knalpot modifikasi sering mengurangi peredam sehingga api dari sisa pembakaran mudah terlihat keluar.
5. Sistem Pembakaran Tak Sempurna
Bisa disebabkan busi kotor, lemah, atau koil bermasalah sehingga Terdapat bahan bakar yang Tak terbakar habis.
6. Adanya Kebocoran di Knalpot
Kebocoran Membikin oksigen masuk ke dalam saluran knalpot sehingga memicu pembakaran tambahan di sana.
7. Teknik Engine Brake yang Salah
Pada motor sport, Kalau throttle ditutup mendadak Demi rpm tinggi, bahan bakar berlebih Bisa keluar ke knalpot dan terbakar.
8. Sensor Oksigen Bermasalah
Pada motor Suntik, sensor O2 rusak Bisa Membikin ECU salah mengatur campuran bahan bakar.
9. Pemakaian Bahan Bakar dengan Oktan Tak Sesuai
Bensin yang kualitasnya rendah atau Tak sesuai rekomendasi mesin Bisa menyebabkan pembakaran Tak sempurna.
10. ECU/ECM Sudah Di-remap atau Piggyback
Modifikasi ECU Buat performa tinggi kadang mengatur bahan bakar lebih boros, sehingga rawan menimbulkan letupan api di knalpot.
11. Gaya Berkendara Agresif
Sering main gas lepas gas di rpm tinggi Membikin sisa bahan bakar terbakar di saluran knalpot, sehingga keluar api.
Knalpot motor adalah sistem pembuangan yang berfungsi menyalurkan gas sisa pembakaran sekaligus meredam Bunyi mesin dan mengurangi polusi. (Z-4)

